Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Perusahaan Susu Mulia Surabaya)

Hasanudin, Ruly (2002) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Perusahaan Susu Mulia Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
238.RULY HASANUDIN.pdf

Download (95kB)

Abstract

Dalam memajukan dan menjaga kelangsungan hidupnya, seringkali perusahaan menghadapi berbagai macam persoalan, salah satunya adalah masalah kepuasan konsumen. Puas tidaknya konsumen terhadap suatu produk ditentukan oleh perilaku yang tampak setelah menggunakan produk atau jasa tersebut. Apabila setelah konsumen mempunyai pengalaman yang tidak menyenangkan, maka konsumen akan merasa tidak puas terhadap produk tersebut. Sebaliknya bila konsumen mempunyai pengalaman yang menyenangkan, maka konsumen akan merasa puas terhadap produk atau jasa tersebut. Kepuasan konsumen merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan dalam suatu perusahaan. Konsumen yang puas dapat mengembangkan perusahaan, tetapi yang tidak puas dapat meninggalkan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat menumbuhkan dan memelihara rasa puas dalam diri konsumen, karena konsumen yang puas dapat berakibat meningkatkan volume penjualan di masa yang akan datang dan memberikan keuntungan bagi perusahaan itu sendiri. Tantangan untuk menjaga kelangsungan usaha susu murni "SUSU MULIA" perlu dijawab dengan perumusan strategi pemasaran yang lebih memadai tidak hanya terpaku pada perang harga yang justru dapat menyulitkan perusahaan dalam menjaga kelangsungan usahanya. Oleh karena itu, strategi pemasaran perusahaan perlu dianalisis lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Untuk tujuan analisis ini dilakukan penyebaran kuesioner untuk menjaring pendapat responden tentang bauran pemasaran "SUSU MULIA" dan kepuasan konsumen. Populasi penelitian ini terdiri dari konsumen SUSU MULIA" seluruh wilayah Surabaya. Ukuran sampel yang digunakan yaitu cluster sampling (area sampling) dimana terbagi menjadi 4 wilayah yaitu Surabaya Utara, Surabaya Selatan, Surabaya Timur, Surabaya Barat dengan masing-masing wilayah diambil 50 responden. Dari hasil penyebaran 200 kuesioner tenyata yang kembali dan terisi secara lengkap hanya 172 kuesioner. Oleh karena itu, analisis hanya dilakukan atas 172 responden tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hipotesa yang diajukan bahwa bauran pemasaran terdiri atas harga, produk, distribusi, dan promosi secara bersama­-sama mempengaruhi kepuasan konsumen dalam membeli "SUSU MULIA" di Surabaya, terbukti kebenarannya. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji F diketahui bahwa Ho ditolak, karena F hitung = 298,95 > F Tabel = 2,37. Namun, dari hasil pengujian secara parsial harga secara parsial tidak mempengaruhi kepuasan konsumen, produk secara parsial mempengaruhi kepuasan konsumen, distribusi secara parsial juga mempengaruhi kepuasan konsumen, sedangkan promosi secara parsial tidak mempengaruhi kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Has 238 2002
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:20
Last Modified: 17 Nov 2022 03:20
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2867

Actions (login required)

View Item View Item