Cahyono, Muhammad Shofwan Donny and Wibowo, Leonardus Setia Budi (2021) ANALISIS ATP DAN WTP PADA RENCANA JALAN TOL KERTOSONO – KEDIRI PROVINSI JAWA TIMUR. AGREGAT, 6 (1). ISSN 2541 - 0318 [Online]; 2541 - 2884 [Print]
Image (CEK SIMILARITAS)
TURNITIN-ANALISIS ATP DAN WTP PADA RENCANA JALAN TOL KERTOSONO – KEDIRI PROVINSI JAWA TIMUR.pdf Download (1MB) |
|
Image (PEER REVIEW-M SHOFWAN DONNY)
PR-ANALISIS ATP DAN WTP PADA RENCANA JALAN TOL KERTOSONO – KEDIRI.pdf Download (697kB) |
Abstract
Transportasi memiliki peran penting dalam suatu sarana yang membantu dalam roda perkonomian, suatu daerah tersebut membutuhkan daerah lain sebagai pendukung dimana salah satu prasarana penghubung berupa pembangunan Jalan Tol yaitu rencana pembangunan Jalan Tol Kertosono – Kediri sebagai salah satu bagian Jalan Tol trans jawa yang menghubungkan Jawa Timur bagian barat dan Jawa Timur bagian timur, kawasan tersebut membentuk segitiga emas di kawasan industri, kawasan perdagangan dan kawasan wisata. Jalan Tol Kertosono – Kediri di bangun dengan panjang jalan 20,3 km yang akan terkoneksi dengan bandara di Kediri dan jalur lintas selatan jawa. Obyek yang diteliti yaitu pengendara yang melewati ruas jalan Kertosono – Kediri. Dengan menggunakan metode pendekat Ability To Pay dan Willingness To Pay untuk penentuan jumlah responden dilakukan secara acak atau random sebanyak 194 responden dengan menggunakan tingkat kepercayaan sebesar 5%. Pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner ke pengguna ruas jalan Kertosono – Kediri meliputi karakteristik social ekonomi sabagai calon pengguna jalan tol di tunjukkan dalam kuisioner yang berisikan karekteristik social ekonomi yaitu usia , jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan per bulan, pengeluaran untuk transportasiper bulan, asal dan tujuan perjalanan, maksud perjalanan dan frekuensi perjalanan serta meninjau terhadap tarif ideal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini perhitungan Ability To Pay dan Willingnes To Pay. Hubungan antara ATP dan WTP serta grafik hubungan antara potensi dan total pendapatan didapatkan tariff ideal Tol Kertosono – Kediri. Hasil penelitian analisis ATP dan WTP di setiap golongan kendaraan adalah Golongan I Rp. 22.500,00, Golongan II Rp. 33.750,00, Golongan III Rp. 45.000,00, Golongan IV Rp. 56.250,00, Golongan V Rp. 67.500,00. Hasil analisis nilai ATP lebih rendah dari nilai WTP yang artinya masyarakat mempunyai penghasilan relatif rendah tetapi utilitas terhadap rendah dari nilai WTP yang artinya masyarakat mempunyai penghasilan relatif rendah tetapi utilitas terhadap jalan tol sangat tinggi, sehingga keinginan masyarakat untuk membayar tarif cenderung lebih dipengaruhi oleh utilitas terhadap jasa tersebut relatif rendah, pengguna pada kondisi ini disebut choiced riders.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan Tol, Tarif, ATP dan WTP |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1-2040 Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE1-450 Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Artikel Ilmiah HROD |
Depositing User: | Staff Perpustakaan Uwika |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 07:36 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 09:22 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2908 |
Actions (login required)
View Item |