Analisis Perbandingan Proses Pembelajaran bahasa Mandarin oleh Guru Native dengan Guru Lokal pada siswa TK X Tiga Bahasa Surabaya.

Vialiana, Vialiana (2017) Analisis Perbandingan Proses Pembelajaran bahasa Mandarin oleh Guru Native dengan Guru Lokal pada siswa TK X Tiga Bahasa Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Dalam berkomunikasi sehari-hari, salah satu alat yang paling sering digunakan adalah bahasa. Bahasa meliputi segala aspek kehidupan, salah satunya dalam dunia pendidikan. Banyak sekolah atau lembaga pendidikan lainnya yang mengajarkan kepada siswanya keterampilan berbahasa, salah satunya adalah berbahasa Mandarin. Karena ingin menciptakan siswa yang berkualitas, sekolah mendatangkan guru native untuk mengajarkan siswa siswi berbahasa Mandarin. Banyak orang beranggapan guru native lebih berkompeten dibandingkan guru lokal. Kenyataannya, guru native dan guru lokal pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode kuantitatif, dapat disimpulkan bahwa guru native dan guru lokal sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan pada guru native lebih mengarah kepada kemampuan berbahasa dan kemampuan menguasai materi, sedangkan kekurangannya lebih mengarah kepada sikap terhadap siswa karena perbedaan budaya. Sebaliknya, kelebihan guru lokal lebih mengarah kepada sikap saat bersama siswanya. Sedangkan kekurangan guru lokal lebih mengarah kepada penguasaan bahasa Mandarin dan penguasaan materi. Masing-masing guru memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari kelebihan masing-masing guru inilah dapat saling mengisi satu sama lain sehingga dapat menutupi kekurangan dari masing-masing guru tersebut dan menciptakan kelas yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.BT Via 71 2017
Uncontrolled Keywords: Guru Native, Guru Lokal, Analisis Perbandingan, Metode Deskriptif Kualitatif, Metode Kuantitatif, Bahasa Mandarin.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL1-8844 Languages of Easter n Asia, Africa, Oceania > PL1001-3208 Chinese language and literature > PL1001-1960 Chinese language
Divisions: Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 27 Mar 2018 05:32
Last Modified: 27 Mar 2018 05:32
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item