Pengaruh Psikologi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola di Kota Surabaya

Wijaya, Fenny Adi (2014) Pengaruh Psikologi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Coca-Cola di Kota Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (90kB)

Abstract

Terasa fenomenal melihat masyarakat masih mengkonsumsi minuman berkarbonasi, disaat banyak berita dan penelitian yang menginformasikan penolakan terhadap minuman berkarbonasi beredar di berbagai media. Sehingga penelitian ini pun diangkat untuk mengetahui besarnya pengaruh psikologi konsumen (X) terhadap keputusan pembelian (Y) minuman berkarbonasi Coca-Cola di Kota Surabaya (Timur, Utara, Selatan, Pusat, Barat). Variabel psikologi konsumen terbagi menjadi 5 variabel, yaitu motivasi (X1); persepsi (X2); pembelajaran (X3); keyakinan (X4); dan sikap (X5). Data dari 100 (seratus) orang responden di Kota Surabaya yang telah diolah menggunakan SPSS versi 20.0 menunjukkan bahwa penelitian ini valid dan reliabel, sedangkan dari analisis Regresi Linear Berganda didapatkan model Y = 0,590 + 0,041(X1) + 0,223(X2) – 0,95(X3) + 0,390(X4) + 0,073(X5). Nilai Adjusted R Square sebesar 0,181 menunjukkan bahwa variabel motivasi (X1); persepsi (X2); pembelajaran (X3); keyakinan (X4); dan sikap (X5) mempunyai pengaruh bersih terhadap keputusan pembelian (Y) minuman berkarbonasi Coca- Cola di Kota Surabaya. Pengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) ditunjukkan dengan nilai Koefisien Determinasi Berganda/R Square (R2) sebesar 0,222 atau 22,2%, sedangkan 0,778 atau 77,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam model penelitian ini. Nilai R sebesar 0,471 atau 47,1% menunjukkan keeratan antar variabel, yaitu motivasi (X1); persepsi (X2); pembelajaran (X3); keyakinan (X4); dan sikap (X5). Dari hasil uji F diketahui bahwa secara simultan motivasi (X1); persepsi (X2); pembelajaran (X3); keyakinan (X4); dan sikap (X5) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) minuman berkarbonasi Coca-Cola di Kota Surabaya. Sedangkan dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa secara parsial hanya variabel keyakinan (X4) yang berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) minuman berkarbonasi Coca-Cola di Kota Surabaya. Adapun variabel X yang berpengaruh dominan terhadap variabel Y adalah variabel keyakinan (X4) dengan nilai sebesar 0,370 atau sebesar 37%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Wij 181 2014
Uncontrolled Keywords: psikologi konsumen; keputusan pembelian; Coca-Cola.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:25
Last Modified: 06 Jan 2022 06:25
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item