Gunawan, Gracilia Saputri (2021) Analisis Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin secara Daring pada Siswa Kelas VI SD Santa Lorent Surabaya Tahun 2021. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
Skripsi-7-9 abstrak.pdf Download (189kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Mandarin secara daring pada siswa kelas VI SD Santa Lorent Surabaya. Media gambar dapat dikatakan efektif jika memenuhi 4 (empat) buah indikator, yaitu dapat meningkatkan motivasi siswa, mencegah kebosanan, memudahkan siswa memahami instruksi guru, dan memudahkan siswa memahami materi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala Likert 4 (empat) gradasi, dengan interval tiap skala persepsi sebesar 0,75 poin. Setiap indikator dapat dikatakan efektif jika memiliki nilai x > 2,5, di mana x adalah skor akhir tiap indikator. Dari hasil penelitian, indikator pertama memiliki skor akhir 2,88, indikator kedua sebesar 2,98, indikator ketiga sebesar 2,78, dan indikator keempat sebesar 2,88. Hal ini mengindikasikan bahwa media gambar efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Mandarin secara daring pada siswa kelas VI SD Santa Lorent Surabaya 2021.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.BT Gun 141 2021 |
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar, Pembelajaran Daring, Bahasa Mandarin |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL1-8844 Languages of Easter n Asia, Africa, Oceania > PL1001-3208 Chinese language and literature T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 06:58 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 06:58 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1286 |
Actions (login required)
View Item |