Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Untuk Bekerja Sebagai Guru Bahasa Mandarin Di Institusi Pendidikan Formal Atau Nonformal Pada Alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas “X” Surabaya

Hendrata, Bella Afriliany (2021) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Untuk Bekerja Sebagai Guru Bahasa Mandarin Di Institusi Pendidikan Formal Atau Nonformal Pada Alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas “X” Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (207kB)

Abstract

Perkembangan Tiongkok yang sangat pesat dalam berbagai bidang, membuat kebutuhan bahasa Mandarin di Indonesia juga semakin meningkat. Di Indonesia, bahasa Mandarin bukan hanya dibutuhkan di institusi pendidikan formal saja, tetapi juga di institusi pendidikan nonformal. Hal tersebut membuat lapangan kerja untuk tenaga pendidik bahasa Mandarin semakin luas. Guru dapat memilih untuk bekerja pada institusi pendidikan yang lebih sesuai dengan dirinya. Berdasarkan teori, terdapat 6 (enam) variabel yang memengaruhi keputusan guru untuk lebih memilih bekerja di institusi pendidikan formal atau nonformal, yaitu kesejahteraan, fleksibilitas, sarana dan prasarana, kondisi di lingkungan kerja, kemampuan dan pengalaman, serta pengaruh lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase alumni yang bekerja pada institusi pendidikan formal dan nonformal, serta meneliti faktor-faktor yang memengaruhi keputusan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 54% dari total 50 responden memilih bekerja di institusi pendidikan nonformal daripada formal. Keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan faktor fleksibilitas, kemampuan dan pengalaman, pengaruh lingkungan, kondisi di lingkungan kerja, kesejahteraan, serta sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.BT Hen 149 2021
Uncontrolled Keywords: analisis faktor, guru bahasa Mandarin, institusi pendidikan formal, institusi pendidikan nonformal
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL1-8844 Languages of Easter n Asia, Africa, Oceania > PL1001-3208 Chinese language and literature
Divisions: Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:38
Last Modified: 18 Jan 2022 03:38
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item View Item