Evaluasi Diferensiasi Produk di Cafe Space Rabbit Untuk Meningkatkan Minat Konsumen

Aprilyano, Nicolas (2021) Evaluasi Diferensiasi Produk di Cafe Space Rabbit Untuk Meningkatkan Minat Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon konsumen terhadap diferensiasi produk dan mendapatkan informasi apakah diferensiasi produk di Cafe Space Rabbit dapat meningkatkan minat konsumen. Teknik pengambilan subjek penelitian atau informan yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria :1) Semua pengunjung yang pernah melakukan pembelian produk baru di Cafe Space Rabbit sebelum dan sesudah pandemi Corona virus Disease (Covid- 19); 2) Berusia 17 tahun ke atas. Informan pada penelitian ini adalah remaja berusia 17 tahun ke atas karena usia itu dinilai sudah cukup mampu memberikan pendapat dan pernyataan yang tidak berubah-ubah.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kutipan dari seluruh narasumber memperlihatkan bahwa warna, tampilan, dan rasa pada empat menu baru andalan Cafe Space Rabbit yang unik dan belum pernah dijumpai di kafe lain adalah menu Es Terbul dan Yakult Series sedangkan Americano Coffe merupakan menu umum yang disajikan pula di kafe lain, sajian minuman Cream Coffe kurang diminati oleh konsumen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa diferensiasi produk dalam meningkatkan minat konsumen sudah dilakukan sebaik mungkin oleh pemilik Cafe Space Rabbit dan mendapat respon yang baik pula dari pengunjung. Yakni dari bentuk produk dimana menu – menu yang disediakan secara keseluruhan cukup beragam dan lengkap, design (rancangan) menu baru telah disesuaikan dengan selera konsumen dan keunikan dari tampilan, warna serta citarasa mampu menggugah keinginan konsumen untuk mencobanya. Disamping itu minat konsumen pada Cafe Space Rabbit cukup baik, dari hasil kutipan wawancara terhadap sepuluh orang narasumber , semua konsumen berkunjung ulang dan membeli menu – menu yang disediakan lebih dari 2 kali dalam seminggu. Mereka mendapat informasi keberadaan Cafe Space Rabbit dari teman dan sosial media sehingga diharapkan keberadaan kafe tersebut semakin dikenal oleh para penggemar kopi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Apr 417 2021
Uncontrolled Keywords: Diferensiasi Produk, Minat Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 26 Jan 2022 09:45
Last Modified: 26 Jan 2022 09:45
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1321

Actions (login required)

View Item View Item