Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Edukasi “Quizlet” Terhadap Motivasi Siswa Belajar Kosakata Bahasa Mandarin di SDK Yohannes Gabriel Surabaya.

Oetomo, Jesselyn Stefany (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Edukasi “Quizlet” Terhadap Motivasi Siswa Belajar Kosakata Bahasa Mandarin di SDK Yohannes Gabriel Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI-JESSELYNSTEFANY-61518013(final)-1-14_wtr.pdf

Download (822kB)

Abstract

Munculnya pandemi covid-19 membuat kegiatan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Peneliti menemukan adanya permasalahan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Mandarin kelas 3 di SDK Yohannes Gabriel Surabaya yaitu kurangnya media pembelajaran yang mendukung dalam kegiatan belajar sehingga mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Maka, untuk mengatasi hal tersebut guru perlu beradaptasi menghadapi perubahan kondisi kegiatan belajar secara jarak jauh dengan menggunakan teknologi media pembelajaran untuk menciptakan suasana kegiatan belajar yang efektif. Media pembelajaran yang peneliti pilih adalah media pembelajaran permainan edukasi Quizlet. Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan media permainan edukasi Quizlet terhadap motivasi siswa belajar kosakata bahasa Mandarin di SDK Yohannes Gabriel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik analisis data kuantitatif menggunakan IBM SPSS Statistic versi 20. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil post-test, kuesioner dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran permainan edukasi Quizlet terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan bahwa adanya ketertarikan siswa terkait fitur permainan Quizlet, hasil persentase ketuntasan belajar siswa yang cukup tinggi, adanya hasil perhitungan statistik uji hipotesis yang menunjukkan nilai Fhitung ( 6,912) > Ftabel (1,819) yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh dalam penggunaan media Quizlet dan adanya tanggapan positif terhadap penggunaan media Quizlet. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran permainan edukasi dapat diterapkan ke dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.BT Oet 161 2022
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Quizlet, Motivasi Belajar, Kosakata Bahasa Mandarin
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL1-8844 Languages of Easter n Asia, Africa, Oceania > PL1001-3208 Chinese language and literature
Divisions: Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:34
Last Modified: 28 Mar 2024 04:03
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item View Item