Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Pemanas Air SOLAHART Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus SOLAHART)

Sentosa, Albert Augusta (2010) Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Pemanas Air SOLAHART Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus SOLAHART). Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)

Abstract

Dengan semakin banyaknya produk-produk yang ditawarkan ke pasar dalam berbagai keunggulan menyebabkan suasana persaingan produk menjadi semakin tajam dan ketat. Kualitas produk mampu berperan menghadirkan sebuah produk dalam benak konsumen sesuai dengan harapan yang melekat pada merek tersebut serta membedakan dari merek pesainganya. Seringkali dalam pembelian suatu produk konsumen menginginkan suatu barang dengan kualitas yang bagus supaya bisa dipakai untuk jangka panjang. Keadaan tersebut berlaku bagi semua produk-produk secara langsung berhubungan dengan kepuasan pelanggan, tidak terkecuali produk Pemanas Air. Penelitian ini dilakukan di PT.GRAHA MITRA ABADI Surabaya. Diharapkan produk produk dari Solahart mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Melalui variabel performance (X1), reliability (X2), feature (X3), conformance(X4) yang diteliti dapat digunakan untuk membuktikan apakah keemapt variabel tersebut mempengaruhi kepuasan konsumen dalam membeli produk Solahart (Y). Dalam penelitian ini digunakan uji reliabilitas, uji validitas, analisis linear berganda, analisis koefisien determinasi berganda, analisis standardized coefficient beta, dan uji hipotesis yang menggunakan hasil olahan dari program SPSS ver.15.0. Persamaan dari koefisien regresi linear berganda adalah sebagai berikut: Y= 1,093 - 0,401.X1 + 0,418.X2 + 0,415.X3 + 0,209.X4. Nilai koefisien determinasi berganda (Adjust R Square) sebesar 16,8%, sedangkan sisanya sebesar 83,2% disebabkan oleh variabel yang lain. Adapun hasil uji hipotesis dari penelitian ini adalah hipotesis yang pertama terbukti bahwa variabel bebas (X) yaitu performance (X1), reliability (X2), feature (X3), conformance(X4) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli produk Solahart (Y). Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Fhitung (3,467) > Ftabel (2,61). Dan hipotesis kedua tidak terbukti bahwa variabel conformance (X4) berpengaruh secara dominan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli produk Solahart (Y) karena memiliki nilai standardized coefficient beta paling kecil sebesar 0,154.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Sen 517 2010
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5735-5746 Business records management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 06 Oct 2022 04:27
Last Modified: 06 Oct 2022 04:27
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2339

Actions (login required)

View Item View Item