Pengaruh Situasi Pembelian Pada Perilaku Belanja Konsumen Di Aiola Store Surabaya

Tomasoa, Vecky Arland (2010) Pengaruh Situasi Pembelian Pada Perilaku Belanja Konsumen Di Aiola Store Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK hal xii.pdf

Download (65kB)

Abstract

Bisnis distro yang saat ini marak di Surabaya memiliki fenomena khusus, karena seluruh aktivitas penjualan barang dan jasa langsung pada konsumen. Selain itu, ketatnya persaingan yang terjadi dewasa ini menuntut pemasar untuk lebih memahami akan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dari sekian banyak bisnis distro yang ada penulis mengambil distro Aiola Store Surabaya sebagai obyek penelitian. Dari penelitian ini penulis ingin mengetahui pengaruh situasi pembelian terhadap perilaku belanja konsumen di Aiola Store Surabaya. Data yang digunakan adalah data primer, diperoleh dari pengunjung distro Aiola Store Surabaya yang melakukan pembelian atau transaksi. Dari sekian banyak populasi pengunjung distro Aiola Store Surabaya, diambil sampel yang dianggap sudah representative sebesar 100 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kueisioner, skala yang digunakan adalah skala likert dengan interval skor 1-5. Dimana nilai 1 adalah nilai terendah, sedangkan nilai 5 adalah nilai tertinggi dan model Regresi Linier Berganda yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas situasi pembelian yang terdiri dari Physical Surrounding, Social Surrounding, Task Definition, Time, Antecedent State, terhadap variabel terikat perilaku belanja konsumen. Pegujian hipotesis dilakukan dengan uji F untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan dan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel secara parsial. Dari hasil analisis regresi didapat hasil : Y = 1.330 + 0.275X1 + 0.231X2 + 0.258X3 − 0.273X4 + 0.434X5, yang berarti menunjukkan adanya pengaruh variabel X terhadap variabel Y dan ditunjukkan dengan hubungan keeratan antara varibel adjusted R square sebesar 62.9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Lalu pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara simultan terhadap variabel Y, yang hasilnya didapat sebesar 34.618, dimana F hitung 34.618 > F tabel 2.31, berarti secara simultan variabelvariabel bebas memiliki pngaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Selain itu, juga menggunakan uji t untuk menguji pengaruh variabel-variabel bebas secara parsial terhadap variabel Y, yang hasilnya menunjukkan X1 t hitung (3.200) > t tabel (1.661), X2 t hitung (3.082) > t tabel (1.661), X3 t hitung (3.281) > t tabel (1.661), X4 -t tabel (-1.661) > t hitung (-3.904), X5 t hitung (5.798) > t tabel (1.661), hasil perhitungan ini menunujukkan bahwa secara parsial variabel X1, X2, X3, dan X5 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y, sedangkan variabel X4 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap variabel Y adalah X5 (Antecedent State). Hal ini dapat dilihat dari Standardized Coefficients Beta sebesar 0.384.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Tom 532 2010
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5460-5469.5 Department stores. Mail order business. Supermarkets. Convenience stores
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 06 Oct 2022 06:48
Last Modified: 06 Oct 2022 06:48
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2345

Actions (login required)

View Item View Item