Analisis Pengaruh Brand Awarenes, Brand Associations, Brand Identity Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Kue Merek Sherly Di Banyuwangi (Studi Kasus Pada Kue Tradisional Bagiak)

Devi, Elisabeth Meliana (2009) Analisis Pengaruh Brand Awarenes, Brand Associations, Brand Identity Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Kue Merek Sherly Di Banyuwangi (Studi Kasus Pada Kue Tradisional Bagiak). Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (64kB)

Abstract

Pada saat ini zaman semakin berkembang, dimana kemajuan teknologi dan perekonomian semakin bertumbuh pesat. Hal ini akan mempengaruhi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan perubahan hidup kearah yang lebih baik. Maka dari itu semakin tajam pula persaingan antara perusahaan-perusahaan yang ada, diantaranya perusahaan kue yang ada di Banyuwangi. Dari beberapa perusahaan kue yang ada penulis mengambil perusahaan kue Sherly sebagai obyek penelitian. Dari hasil penelitian ini penulis ingin mengetahui pengaruh Brand Image terhadap Pengambilan Keputusan Membeli Konsumen Terhadap Kue Merek Sherly di Banyuwangi. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh dari responden yang pernah membeli kue merek Sherly di Banyuwangi yang berjumlah 100 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan teknik penyebaran purposive sampling, dimana pengambilan elemen-elemen yang dimasukkan dalam sample dilakukan dengan sengaja, dengan catatan sample tersebut memiliki populasi. Model yang digunakan dalam penelitian adalah skala Likert dengan interval 1-5 dan analisis Regresi Berganda. Dari hasil analisis regresi didapat hasil : -0.443 + 0.368 X1 + 0.260 X2 + 0.439 X3, yang berarti menunjukkan adanya pengaruh variabel X terhadap variabel Y dan ditunjukkan dengan hubungan keeratan antar variabel (R²) sebesar 0.558% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Lalu pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F untuk menguji pengaruh variabel-vaabel bebas secara simultan terhadap variabel Y, yang hasilnya didapat sebesar 40.378 dimana F hitung 40.378 > F tabel 2.68, berarti secara simultan variabel-variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. selain itu juga digunakan uji T untuk menguji pengaruh variabel-variabel bebas secara parsial terhadap variabel Y, yang hasilnya menunjukkan X1 T hitung 3.240 > T tabel 1.960; X2 T hitung 2.417 > T tabel 1.960; dan X3 T hitung 4.384 > T tabel 1.960, hasil perhitungan ini menunjukkan bahwa secara parsial Variabel X1, X2, X3 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominant terhadap variabel Y adalah X3 (Brand Identity) dengan pengaruh sebesar 0.382, hal ini dilihat dari nilai standar coefficients beta yang paling tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Dev 451 2009
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:55
Last Modified: 13 Oct 2022 07:55
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2445

Actions (login required)

View Item View Item