Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih Tk dan Kelompok Bermain "Taman Kecil" Di Surabaya

Kartika, Lidya Dewi (2005) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih Tk dan Kelompok Bermain "Taman Kecil" Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
kata pengantar, lain2-10.pdf

Download (117kB)

Abstract

Persaingan bisnis di bidang jasa lembaga pendidikan, khususnya Taman Kanak-Kanak dan Kelompok Bermain mendorong lembaga lebih memahami perilaku orang tua murid, terutama berhubungan dengan faktor-faktor yang menjadi kajian dalam penelitian ini yang dianggap erat hubungannya dengan keputusan orang tua murid dalam memilih TK dan Kelompok Bermain “Taman Kecil” yang bertempat di Jalan Mulyosari VII/ 74B. Dari permasalahan di atas maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut: Apakah faktor harga, pelayanan, lokasi, fasilitas mempengaruhi keputusan orang tua murid dalam memilih TK dan Kelompok Bermain “Taman Kecil” di Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan harga, pelayanan, lokasi, fasilitas mempengaruhi keputusan konsumen murid dalam memilih TK dan Kelompok Bermain “Taman Kecil” di Surabaya. Adapun variabel yang diteliti adalah harga (X1), pelayanan (X2), lokasi(X3), fasilitas (X4) dan variabel terikat yaitu keputusan orang tua murid dalam memilih TK dan Kelompok Bermain “Taman Kecil”(Y). Untuk itu digunakan pengujian hipotesis kerja dengan menggunakan analisis linier berganda yaitu uji F dan uji t dengan jumlah responden 60 orang. Dari perhitungan regresi dihasilkan : Y= 2,063 + 0,4X1 + 0,196X2 - 0,127X3 + 0,041X4. Dari perhitungan korelasi dihasilkan R = yang menunjukkan 0,348 terdapat hubungan yang positif antara variabel harga (X1), pelayanan (X2), lokasi(X3), fasilitas (X4) terhadap keputusan konsumen murid dalam memilih TK dan Kelompok Bermain “Taman Kecil” di Surabaya. Dengan menggunakan analisis uji F dapat disimpulkan bahwa harga (X1), pelayanan (X2), lokasi (X3), fasilitas (X4) tidak berpengaruh secara nyata terhadap keputusan konsumen murid dalam memilih TK dan Kelompok Bermain “Taman Kecil” (Y). Hal ini dinyatakan dengan nilai Fhitung (1.667) < Ftabel (2.54). Dengan menggunakan analisis uji t dapat disimpulkan bahwa harga (X1) berpengaruh secara nyata terhadap keputusan konsumen murid dalam memilih TK dan Kelompok Bermain “Taman Kecil”dengan nilai t hitung 2,156 > dari t tabel 2,004. Variabel pelayanan (X2) tidak berpengaruh secara nyata terhadap keputusan konsumen murid dalam memilih TK dan Kelompok Bermain “Taman Kecil” dengan nilai t hitung 1,967 > dari t tabel 2,004 , lokasi (X3) tidak berpengaruh secara nyata terhadap keputusan konsumen murid dalam memilih TK dan Kelompok Bermain “Taman Kecil” dengan nilai t hitung -0,922 < dari t tabel 2,004. Dan fasilitas (X4) tidak berpengaruh secara nyata terhadap keputusan konsumen murid dalam memilih TK dan Kelompok Bermain “Taman Kecil” dengan nilai t hitung 0,222 < dari t tabel 2,004. Dari keempat variabel tersebut harga merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen murid dalam memilih TK dan Kelompok Bermain “Taman Kecil”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Kar 299 2005
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5735-5746 Business records management
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1141-1489 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:19
Last Modified: 07 Nov 2022 02:19
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2747

Actions (login required)

View Item View Item