Analisis Faktor – faktor yang Menentukan Keputusan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Pergudangan Pada UD.”X” Di Surabaya

Dinata, Erik (2006) Analisis Faktor – faktor yang Menentukan Keputusan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Pergudangan Pada UD.”X” Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (112kB)

Abstract

Persaingan bisnis dibidang jasa pergudangan yang kian marak, mendorong agar para pebisnis lebih memahami perilaku pelanggan. Terutama berhubungan dengan faktor – faktor yang menentukan keputusan pelanggan. Ada empat faktor yang menjadi kajian dalam penelitian ini yang di anggap erat hubungannya dengan keputusan pelanggan di dalam menggunakan pergudangan. UD.”X” merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pergudangan. Dari permasalahan di atas maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut : Apakah faktor produk, harga, pelayanan, dan lokasi dapat menentukan keputusan pelanggan dalam menggunakan jasa pergudangan pada UD. “X” di Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan produk, harga, pelayanan, dan lokasi dapat menentukan keputusan pelanggan dalam menggunakan jasa pergudangan pada UD. “X”. Adapun variabel yang diteliti adalah variabel bebas yaitu produk ( X1 ), harga ( X2 ), pelayanan ( X3 ), dan lokasi ( X4 ) dalam menentukan keputusan pelanggan ( Y ). Analisa yang di pergunakan adalah analisa regresi linear berganda dengan uji T dan uji F untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan dan secara parsial dengan jumlah responden sebanyak 31 responden. Dari perhitungan regresi dihasilkan : Y = 0,297 + 0,125.X1 + 0,152.X2 + 0,177.X3 + 0,436.X4. Dari perhitungan korelasi dihasilkan R = 0,910 yang menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan kuat antara variabel bebas ( X1, X2, X3, X4 ) terhadap keputusan pelanggan ( Y ). Dengan menggunakan analisis uji F dapat di simpulkan bahwa produk ( X1), harga ( X2 ), pelayanan ( X3 ), dan lokasi ( X4 ) secara bersama – sama mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pelanggan. Hal ini dinyatakan dengan Fhitung ( 31, 296 ) > Ftabel ( 2,74), dengan demikian hipotesis pertama terbukti. Dengan menggunakan analisis uji T dapat disimpulkan bahwa variabel produk ( X1 ) berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dengan nilai Thitung = 2,186 > Ttabel 2,0556. Variabel harga ( X2 ) berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dengan nilai Thitung = 2,219 > Ttabel 2,0556. Variabel pelayanan ( X3 ) berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dengan nilai Thitung = 2,243 > Ttabel 2,0556. Variabel lokasi ( X4 ) berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dengan nilai Thitung = 5,039 > Ttabel 2,0556. Dari keempat variabel tersebut lokasi merupakan variabel yang dominan di dalam menentukan keputuan pelanggan untuk menggunakan pergudangan, maka hipotesis kedua terbukti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Din 319 2006
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5735-5746 Business records management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:46
Last Modified: 07 Nov 2022 03:46
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2761

Actions (login required)

View Item View Item