Aplikasi Analisa Break Even Point untuk Perencanaan Laba dan Volume Penjualan RM. Aneka Rasa Jaya Sumbawa

Tanaya, Yuliany (2007) Aplikasi Analisa Break Even Point untuk Perencanaan Laba dan Volume Penjualan RM. Aneka Rasa Jaya Sumbawa. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
pendahuluan-11.pdf

Download (115kB)

Abstract

Manajemen Restauran Aneka Rasa Jaya saat ini belum menerapkan Analisa Break Even Point (BEP). Melalui analisa BEP, manajemen restauran Aneka Rasa Jaya dapat mengetahui volume penjualan yang harus dicapai agar dapat mencapai laba. Dengan demikian restaurant Aneka Rasa Jaya merasa perlu adanya alat bantu yang dapat memberi informasi bagi managemen. Analisa Break Even Point adalah suatu alat manajemen yang dapat membantu manajer untuk melihat hubungan antara bermacam-macam biaya, pendapatan dan volume penjualan. Melalui analisa BEP manajer juga dapat menentukan jumlah pendapatan yang diperlukan pada suatu tingkat pencapaian laba yang diinginkan. Oleh karena itu penulis memberikan alternatife pemecahan masalah dengan menyarankan aplikasi analisa BEP kepada manajemen restaurant Aneka Rasa Jaya untuk memperoleh informasi yang berguna supaya perusahan dapat segera mengambil tindakan dalam mengatasi masalah agar jangan sampai menderita kerugian. Berdasarkan hasil analisa data penjualan bulan Januari – Desember 2006 maka dapat diketahui berapa tingkat Break Even Point serta target laba dan volume penjualan yang harus dicapai. Untuk tahun 2006 tingkat Break Even Point yang harus dicapai adalah sebesar Rp 347.812.322,-. Dari hasil perhitungan manajemen Aneka Rasa Jaya menentukan target laba untuk tahun 2007 adalah sebesar Rp 25.845.750,- dengan volume penjualan Rp 435.158.599,- dan tingkat Break Even Point sebesar Rp 359.431.233,- (asumsi target laba I). Untuk tahun 2008 target laba sebesar Rp 30.333.639,- dengan volume penjualan Rp 465.774.143,- dan tingkat Break Even Point sebesar Rp 376.897.380,- (asumsi target laba I).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Tan 348 2007
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB522-715 Income. Factor shares > HB601 Profit
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB601 Profit

H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:55
Last Modified: 07 Nov 2022 06:55
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2777

Actions (login required)

View Item View Item