Analisis Pengaruh Faktor Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Perumahan Pada PT. Babatan Kusuma Jaya Surabaya

Budipramana, Ivan Satria (2007) Analisis Pengaruh Faktor Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Perumahan Pada PT. Babatan Kusuma Jaya Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (127kB)

Abstract

Pada masa sekarang ini, tingkat persaingan bisnis khususnya di bidang properti semakin ketat, sehingga salah satu penyebab berhasil atau tidaknya jenis perusahaan ini tentunya dapat dilihat dari faktor pemasarannya. Begitu pula seperti halnya yang dialami oleh PT. Babatan Kusuma Jaya yang bergerak di bidang properti di Surabaya. Untuk itu penulis melakukan penyebaran kuesioner kepada 108 responden penghuni perumahan yang didirikan oleh PT. Babatan Kusuma Jaya di Surabaya yang kemudian diolah dengan teori-teori dan metode pengujian yang relevan, yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan kualitas (X1), harga (X2), pelayanan (X3), lokasi (X4), dan citra perusahaan (X5) berpengaruh terhadap keputusan memilih (Y). Analisa yang digunakan adalah analisa regresi berganda dengan uji T dan uji F yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan dan secara parsial dengan jumlah responden sebanyak 108 orang. Dari perhitungan regresi dihasilkan: Y = -0,101 + 1,124 X1 - 0,061 X2 + 0,186 X3 –0,116 X4 + 0,010 X5 Melalui hasil pengujian regresi linier berganda diatas untuk hasil perhitungan dengan menggunakan uji simultan (uji F) dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi keputusan memilih dengan nilai F hitung sebesar 14,248 dan F tabel sebesar 2,4608, sehingga hipotesis pertama dapat terbukti. Dalam hubungan secara simultan ini dihasilkan koefisien determinasi (R2) yang menggambarkan bahwa variabel-variabel bebas yang ada menunjukan adanya pengaruh terhadap keputusan memilih sebesar 41,1 % sedangkan sisanya 58,9 % disebabkan oleh faktor-faktor lain. Sedangkan pengujian parsial menggunakan uji T (T test) pada responden menghasilkan Ttabel sebesar 1,9835, di mana berdasarkan T hitung dari setiap variabel bebas yang ada, maka variabel kualitas adalah variabel yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan memilih (Y) Berdasarkan pada hasil uji hipotesis tersebut dapat diketahui bahwa variabel yang lebih dominan adalah variabel kualitas. dikatakan dominan karena variabel kualitas tersebut memiliki nilai Standardized Coefficients sebesar 0,598, yang lebih besar daripada nilai Standardized Coefficients variabel bebas lainnya. Dengan demikian hipotesis kedua juga dapat terbukti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Bud 356 2007
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5801-6182 Advertising
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:26
Last Modified: 07 Nov 2022 07:26
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2782

Actions (login required)

View Item View Item