Pengaruh Atribut Iklan Pada Media Televisi Terhadap Brand Image Pada Pasta Gigi Pepsodent Di Surabaya Utara

Tjandra, Jemmy Saputra (2007) Pengaruh Atribut Iklan Pada Media Televisi Terhadap Brand Image Pada Pasta Gigi Pepsodent Di Surabaya Utara. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
KATA PENGANTAR-9.pdf

Download (6kB)

Abstract

Iklan merupakan salah satu alat atau kegiatan yang dipakai oleh perusahaan untuk mempromosikan produknya. Iklan juga dapat mempengaruhi konsumen melakukan pembelian terutama iklan yang ditayangkan pada media televisi, karena media televisi mempunyai keunggulan lebih bila dibandingkan dengan media periklanan lainnya. Selain itu, iklan juga mempunyai pengaruh untuk membentuk brand image melalui pendemontrasian produk yang ditawarkan yang tidak dapat dilakukan oleh media periklanan lainnya. Hal ini dapat dilihat langsung dalam atribut iklan (heard work and sound effect, music, seenword, picture, colour, dan movement) yang tampil dalam setiap iklan di media televisi yang membantu menciptakan kepercayaan dan brand image terhadap produk yang diiklankan. Pembentukan brand image konsumen tidak terjadi begitu saja melainkan timbul karena adanya suatu rangsangan yang menarik dalam mempromosikan suatu produk adalah dengan iklan yang didukung pula dengan atribut iklan yang ada. Adanya rangsangan tersebut, kemudian mendorong konsumen untuk mencoba, dan akhirnya percaya pada produk yang ditawarkan yang ditunjukkan dengan melakukan pembelian produk tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan variabel atribut iklan pada media televisi terhadap brand image konsumen dan untuk mengetahui variabel atribut iklan yang punya pengaruh dominant terhadap brand image. Penelitian ini memperoleh data yang dibutuhkan dengan menggunakan kuesioner sebanyak 98 lembar. Kuesioner yang dibagikan tersebut dibuat dengan skala interval. Teknik hipotesis diperoleh Uji-F dan Uji-T. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh Uji-F sebesar 17,832 dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama yang diajukan yaitu ada pengaruh atribut iklan pada media televisi terhadap brand image pasta gigi pepsodent dapat diterima. Sedangkan hipotesis kedua yaitu diduga atribut iklan pada media televisi pada iklan pasta gigi pepsodent yang diuji dengan uji-t,r,r2 dan memperoleh nilai t hitung sebesar 2,277, nilai r sebesar 0,232 dan nilai r2 sebesar 0,053824 yang berarti bahwa hipotesis kedua diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Tja 363 2007
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5801-6182 Advertising
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:45
Last Modified: 08 Nov 2022 02:45
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2796

Actions (login required)

View Item View Item