Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Memilih Restoran "X" di Surabaya

Lim, Tjen Tjen (2002) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Memilih Restoran "X" di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
217. LIM TJEN TJEN.pdf

Download (771kB)

Abstract

Semakin menjamurnya Restoran di kota Surabaya membawa dampak semakin ketatnya persaingan dalam memperebutkan pelanggan. Perusahaan harus berorientasi pada konsumen dengan memperhatikan perilaku konsumen terutama pada faktor­-faktor yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian, karena perilaku konsumen merupakan kunci perusahaan. Pemahaman terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian akan sangat membantu perusahaan untuk mengetahui peluang-peluang lain yang ada, dari belum terpenuhinya kebutuhan dan keinginan yang dapat menjadi kesempatan bahkan kekuatan perusahaan dalam menghadapi persaingan. Mengingat konsumen makhluk yang kompleks, perusahaan harus dapat mempelajari perubahan perilaku dan selera konsumen secara mendalam agar perusahaan mengerti dengan jelas faktor-faktor yang memotivasi konsumen dan harapan-harapan konsumen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengetahui faktor­-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih restoran. Populasi penelitian ini konsumen restoran "X". Menggunakan teknik sampel metode probability sampling dengan jumlah sampel 87 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh secara serempak faktor produk, pelayanan, harga dan lokasi terhadap keputusan memilih dengan F hitung 57,4375 > F tabel 2,4780, R2 sebesar 73,70%. Variabel produk (XI) berpengaruh secara nyata terhadap keputusan memilih dengan nilai t hitung 10,9671 > t tabel 1,9893. Variabel pelayanan (X2) berpengaruh secara nyata terhadap keputusan memilih dengan nilai t hitung 11,9847> t tabel 1,9893. Variabel harga (X3) ada pengaruh (negatif) terhadap keputusan memilih dengan nilai -t hitung -0,6697 > -t tabel 1,9893. Variabel lokasi (X4) berpengaruh secara nyata terhadap keputusan memilih dengan nilai t hitung 9,9948 > ttabel 1,9893. 9,9948> t tabel 1,9893. Analisis kualitatif menjelaskan bahwa keputusan konsumen dalam memilih Restoran "X". Paling dominan dipengaruhi oleh faktor pelayanan Restoran "X" karena segala keluhan konsumen dengan cepat ditanggapi dan ditindak lanjuti. Faktor produk adalah faktor dominan kedua mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih restoran "X" karena makanan yang disajikan mempunyai rasa enak sehingga para pelanggan kembali lagi untuk makan restoran dan menu utama adalah mie gilli, nasi goreng dan bakmi goreng. Faktor lokasi yang ada di restoran "X" sangat baik karena mempermudah konsumen mencari letak restoran ini. Letak restoran ini berada dipertokoan Darmo Park 1. Konsumen yang datang ke restoran "X" adalah konsumen yang datang lebih dari satu kali sehingga harga tidak berpengaruh bagi konsumen untuk memilih restoran ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Lim 217 2002
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB522-715 Income. Factor shares > HB535-551 Interes
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB535-551 Interes
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:40
Last Modified: 05 Jan 2023 08:01
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2837

Actions (login required)

View Item View Item