Analisa Faktor yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pelumas Pertamina di Bojonegoro

Pranata, Andy (2016) Analisa Faktor yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pelumas Pertamina di Bojonegoro. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6. Abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian pelumas Pertamina di Bojonegoro dan analisis yang digunakan adalah analisis faktorial dengan sifat eksploratory, yang bertujan untuk menemukan faktor-faktor baru yang diduga mempengaruhi keputusan pembelian pelumas Pertamina di Bojonegoro. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen PT. Laksakurnia Indonesia yang telah membeli dan menjual pelumas merek Pertamina jenis Mesran Super kemasan 1 liter di Bojonegoro. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling digunakan yaitu teknik pengambilan sampel yang dapat dilakukan sewaktu-waktu sampai jumlah sampel (quota) yang diinginkan terpenuhi. Hipotesis penulis yang menduga bahwa terdapat faktor – faktor yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian pelumas Pertamina Jenis Mesran Super kemasan 1 liter di Bojonegoro. Hal ini mampu dibuktikan dengan menggunakan uji analisis faktor, yang mensyaratkan adanya korelasi atau hubungan yang kuat antara item atau indikator secara keseluruhan, yang ditunjukkan dengan nilai KMO-MSA > 0,5 dan signifikansi Barlett’s Test < 0,05 (α=5%). Pada analisis faktor putaran 2 dengan 39 item, nilai KMO-MSA sebesar 0,803 > 0,5 dan signifikansi Barlett’s Test sebesar 0,000 < 0,05 (α=5%). Nilai MSA anti-image correlation semua item atau indikator sudah > 0,5. Dari 39 item yang telah memenuhi syarat. Dari penelitian ini diperoleh 8 faktor baru yang terbentuk yaitu : Promosi menjelaskan keragaman data sebesar 26,718%, Harga menjelaskan keragaman data sebesar 12,267%, Merek menjelaskan keragaman data sebesar 7,173%, Kemasan menjelaskan keragaman data sebesar 6,170%, Distribusi menjelaskan keragaman data sebesar 4,818%, Kemudahan Bertransaksi menjelaskan keragaman data sebesar 3,683%, Kemudahan Untuk Dijual menjelaskan keragaman data sebesar 3,333%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Pra 223 2016
Uncontrolled Keywords: Analisa Faktor, Pelumas Pertamina, Keputusan Pembelian, Bojonegoro
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 20 Mar 2018 04:25
Last Modified: 21 Mar 2018 03:05
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item View Item