Analisa Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Telepon Genggam Iphone pada Orang Tua untuk Anak

Susanto, Gabriele Sabrina Roxanne (2016) Analisa Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Telepon Genggam Iphone pada Orang Tua untuk Anak. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6. Abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh faktor sosial, budaya, pribadi, serta psikologis dalam pengambilan keputusan telepon genggam Iphone pada orang tua untuk anak di Indonesia, analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji F dan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan, dan dominan. Populasi pada penelitian ini adalah orang tua yang telah membeli telepon genggam Iphone untuk anak mereka di Indonesia. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Purposive Sampling digunakan ketika peneliti memilih karakteristik tertentu dan telah ditetapkan sebelumnya. Diperoleh persamaan Y = 1.805 + 0.712 X1+ -0.076X2, yang memiliki arti bahwa variabel psikologis dan budaya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian telepon genggam Iphone pada orang tua untuk anak. Hipotesis penulis yang menduga bahwa variabel bebas psikologis dan budaya berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian telepon genggam Iphone di Indonesia telah terbukti. Hal ini mampu dibuktikan dengan menggunakan uji F, dimana hasil yang diperoleh yaitu Fhitung ≥ Ftabel, yaitu 14.468 ≥ 3.087, yang berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel psikologis dan budaya berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian telepon genggam Iphone di Indonesia. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel psikologi, karena memiliki nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0.497, yang nilainya terbesar daripada variabel lainnya. Dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0.211. Hal ini menunjukkan bahwa 21.1% dari tingkat keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kedua variabel independennya, yaitu psikologi dan budaya. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 78.9% (100%-21.1%) dipengaruhi oleh faktor – faktor lain di luar variabel independennya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Sus 228 2016
Uncontrolled Keywords: psikologis, budaya, dan keputusan pembelian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-990 Psychology
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 20 Mar 2018 05:12
Last Modified: 21 Mar 2018 03:09
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item