Nafsiah, Nurul (2024) PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAYBELLINE DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
Cover Abstrak.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline di Surabaya. Pada penelitian ini, perilaku yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian pada kosmetik maybelline di Surabaya antara lain dipengaruhi oleh faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Customer Kosmetik Maybelline Surabaya. Jumlah responden pada penelitian ini adalah sebanyak 3 orang narasumber yang telah ditentukan menggunakan teknik non probability sampling, dimana peneliti tidak memberikan kesempatan yang sama kepada setiap populasi untuk dijadikan sampel. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui Studi kepustakaan (dokumen, artikel, jurnal, dan lain sebagainya) dan Studi lapangan (kegiatan observasi dan wawancara). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu triangulasi data, reduksi data, dan pengumpulan data. Dari hasil kegiatan penelitian ini menunjukkan jika Faktor Kebudayaan merupakan faktor utama yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian, sebab budaya kerja yang mereka miliki pada profesi yang dijalani menuntut untuk menggunakan kosmetik sebagai riasan wajah dan mereka mempercayakannya kepada Maybelline. Kedua, Faktor Pribadi dan Psikologis adalah pengaruh yang saling berkaitan dan mendukung keinginan seseorang dalam membeli produk secara logis. Keinginan tampil cantik didepan publik merupakan faktor pribadi yang menjadi alasan mereka menggunakan kosmetik Maybelline. Selain itu, kesesuaian harga dan kualitas menjadi alasan yang logis untuk percaya pada kualitas produk Maybelline. Ketiga, Faktor Sosial merupakan faktor agar produk lebih dikenal secara luas oleh konsumen termasuk responden dalam penelitian ini, sehingga mereka mendapatkan informasi melalui media-media sosial yang ada serta rekomendasi dari beberapa kerabat atau orang lain yang merasa bahwa Maybelline merupakan produk yang bagus dan berkualitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.EKO 497 Naf 2024 |
Uncontrolled Keywords: | Faktor Kebudayaan, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, Keputusan Pembelian |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 04:08 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 04:08 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3492 |
Actions (login required)
View Item |