Subagio, Ferry Hermawan (2013) Aplikasi Pembelajaran Tata Bahasa Indonesia Untuk Kelas 1, Kelas 2 Dan Kelas 3 Sekolah Dasar Dengan Metode First Order Logic. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
Abstract
Bahasa merupakan identitas dari suatu bangsa. Setiap bahasa memililiki keunikan dan keindahannya sendiri. Bahasa Indonesia merupakan bidang ilmu, artinya bahasa Indonesia bukan hanya sekedar alat komunikasi namun terdapat pesan, arti, dan maksud. Bahasa Indonesia berbeda dengan bahasa ibu yang hanya dipahami oleh beberapa pihak saja. Bahasa Indonesia memiliki struktur atau tataan dalam penulisan atau pun lisan. Karena perbedaan struktur atau tataan akan memiliki arti yang berbeda. Oleh karena itu dibutuhkan aplikasi untuk membantu siswa agar memahami setiap informasi dari kalimat. Untuk membuat aplikasi yang membantu pemahaman sebuah kalimat penulis menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Dimana diawali dengan mencari kebutuhan dari keseluruhan aplikasi yang akan dibuat. Setelah itu mencari kebutuhan software yang mendukung pembuatan aplikasi, seperti user interface, fungsi yang dibutuhkan dan sebagainya. Membuat desain program sebelum coding dimulai. Pembuatan coding untuk mendukung fungsi didalam aplikasi. Melakukan testing dari coding dan terakhir maintenance. Jika ditemukan kesalahan dapam tahap maintenance maka proses akan dimulai dari awal dengan melengkapi data sehingga aplikasi menjadi sesuai dengan kebutuhan. Dan untuk memberikan sebuah informasi dari sebuah kalimat penulis menggunakan metode first order logic. First order logic atau kalkulus predikat adalah sebuah syntax yang mampu mendeskripsikan sebuah kalimat yang memiliki kuantisasi dari objek. Dengan metode ini penulis mendeskripsikan setiap informasi dalam kalimat, dalam hal ini adalah subjek, predikat, objek, dan keterangan. Dari hasil deskripsi tersebut dibuat sebuah rule untuk menentukan informasi dengan tepat. Aplikasi membantu para siswa untuk melakukan proses pembelajaran di luar atau di dalam jam aktif kelas dan memberikan hasil evaluasi pembelajaran siswa untuk para pengajar. Pengajar dapat memberikan soal dan materi kepada siswa dan siswa dapat mengakses di luar jam aktif belajar. Serta membantu siswa dalam memahami tata bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.INF Sub 81 2013 |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, tata bahasa, first order logic. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) > T61-173 Technical education. Technical schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 05:51 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 05:51 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1671 |
Actions (login required)
View Item |