Pengaruh Loyalitas dan Sikap Konsumen Pada Produk Coklat Terhadap Tingkat Keluhan Kesehatan Gigi Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kesehatan Gigi Di Surabaya

Susanto, Monica (2008) Pengaruh Loyalitas dan Sikap Konsumen Pada Produk Coklat Terhadap Tingkat Keluhan Kesehatan Gigi Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kesehatan Gigi Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
MONICA SUSANTO (11104004)-14.pdf

Download (2MB)

Abstract

Coklat merupakan salah satu produk yang sangat digemari oleh konsumen. Harga dan jenis coklat yang beragam semakin memperbesar kesempatan bagi konsumen untuk dapat menikmati produk coklat terutama coklat batangan tanpa terbatas oleh kendala harga. Seringnya mengkonsumsi coklat batangan akan membuat konsumen lebih rentan mengalami gangguan kesehatan gigi. Pada penelitian ini respondennya adalah konsumen produk coklat batangan yang memiliki keluhan kesehatan gigi. Tempat dilakukan pembagian kuesioner adalah di tiga poligigi yang ada di Surabaya. Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan skala likert yang diperoleh langsung dari konsumen selaku responden melalui instrumen penelitian kuesioner. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dan pengujian hipotesisnya berdasarkan nilai critical ratio yang telah ditentukan. Dalam pengolahan data ini juga didapati bahwa loyalitas pada produk coklat batangan berpengaruh secara signifikan terhadap keluhan kesehatan gigi hal ini ditunjukkan dari nilai critical ratio sebesar 0.078 dengan probabilitas 0.05, sementara sikap konsumen pada produk coklat batangan tidak mempengaruhi keluhan kesehatan gigi dibuktikan dengan nilai critical ratio sebesar– 2.310. Keluhan kesehatan gigi yang dialami konsumen akan mempengaruhi keputusan pembelian produk kesehatan gigi hal ini ditunjukkan dari nilai critical ratio sebesar 0.148. Ditemukan pula bahwa sikap konsumen pada produk coklat tidak mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk kesehatan gigi yang ada dipasaran hal ini ditunjukkan dari nilai critical ratio sebesar 0.386. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa konsumen yang loyal terhadap produk coklat cenderung mengalami keluhan kesehatan gigi, namun sikap konsumen pada produk coklat tidak mempengaruhi keluhan kesehatan gigi konsumen. Disamping itu juga ditemukan bahwa keluhan kesehatan gigi yang dirasakan oleh konsumen mempengaruhi keputusan pembelian produk kesehatan gigi konsumen. Sikap konsumen pada produk coklat juga tidak mempengaruhi keputusan konsumen dalam keputusan pembelian produk kesehatan gigi konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Sus 20 2008
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:35
Last Modified: 25 Oct 2022 03:51
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2596

Actions (login required)

View Item View Item