Junita, Junita (2001) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham PT. Mayora Indah di Bursa Efek Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
08 JUNITA.pdf Download (687kB) |
Abstract
Dewasa ini banyak perusahaan yang terjun dalam pasar modal untuk Mendapatkan tambahan dana segar melalui penjualan saham. Di pasar modal saham dijual kepada masyarakat luas yang berarti mereka juga memiliki hak atas perusahaan. Dalam menentukan pilihan investasinya, para investor mempunyai berbagai pertimbangan karena mereka mengharapkan keuntungan yang besar yang akan diperoleh. Pada umumnya mereka melihat harga saham perusahaan yang akan dipilihnya sebab harga saham merupakan wakil perusahaan dalam bursa yang merupakan indikator keberhasilan sebuah perusahaan. Harga saham selalu berfluktuasi naik maupun turun. Fluktuasi harga saham disebabkan oleh faktor ekstern dan intern perusahaan. Faktor ekstern sulit untuk dikendalikan oleh perusahaan dan sulit untuk diramal oleh para investor tetapi faktor-faktor intern dapat dikendalikan oleh pihak perusahaan dan para investor dapat menelitinya. Pada penelitian ini penulis ingin meneliti bahwa faktor intern yaitu faktor-faktor fundamental mempengaruhi harga saham perusahaan yang telah go public dengan mengambil sampel pada perusahaan yang bergerak dalam industri makanan yaitu PT. Mayora Indah Berdasarkan analisis statistik regresi berganda dengan uji F dihasilkan bahwa faktor intern yaitu faktor fundamental yang meliputi return on net worth, return investment, deviden payout ratio dan degree offinancial leverage secara bersama-sama memiliki pengaruh yang significant terhadap harga saham pada PT. Mayora Indah, dan dengan uji T dihasilkan bahwa return on net worth merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi harga saham P.T. Mayora Indah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor intern yaitu faktor fundamental berpengaruh terhadap harga saham perusahaan yang go public. Disarankan kepada para investor sebelum melakukan investasi dalam saham perlu memperhatikan faktor intern yaitu faktor fundamental perusahaan yang akan dipilihnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.AK Jun 08 2001 |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 04:05 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 04:05 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2701 |
Actions (login required)
View Item |