Soeprawiro, Helvintanty (2002) Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek Susu Bubuk Dancow di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
227. HELVINTANTY SOEPRAWIRO.pdf Download (86kB) |
Abstract
Perkembangan dan kemajuan teknologi memberikan dampak pada semua aspek kehidupan. Pendidikan merupakan salah satu aspek penting untuk menjawab tantangan dari kemajuan zaman. Pendidikan memberikan suatu ilmu yang sangat berguna bagi kehidupan, untuk itu dibutuhkan gizi, vitamin dan mineral yang cukup. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut ada banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi susu yang terbaik. Melihat adanya kebutuhan akan susu yang timbul dalam masyarakat merupakan suatu kesempatan bagi badan usaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari pasar dengan produk susu yang sesuai. Kemajuan teknologi dan inovasi dapat melihat berbagai bentuk, harga, kualitas dan manfaat tambahan yang ditawarkan seperti tersedianya susu dengan berbagai macam rasa dan bentuk (kental, cair, dan bubuk). Tersedianya produk dengan berbagai macam harga, produk, bentuk, kualitas serta merek menyebabkan semakin banyak pilihan, sehingga badan usaha yang ingin bertahan hidup harus memikirkan cara yang efektif agar dapat bersaing. Badan usaha harus berusaha agar pelanggan puas dan diharapkan pelanggan akan melakukan pembelian ulang terhadap produk tersebut. Dengan menggunakan regresi berganda dapat diketahui bagaimana pengaruh barga, kualitas produk dan jaminan terhadap loyalitas merek dan dapat diketahui di antara harga, kualitas produk dan jaminan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap loyalitas merek. (Data yang digunakan diperoleh dari kuesioner yang dibagikan responden yang pernah membeli dan mengkonsumsi susu bubuk merek Dancow sejumlah 125 orang responden yang kemudian score hasil kuisioner itu. dirata-ratakan dan dihitung dengan menggunakan program SPSS. Untuk memperoleh hasil pembuktian hipotesis tersebut, penulis menduga adanya pengaruh antara harga, kualitas produk dan jaminan terhadap loyalitas merek dan faktor kesesuaian barga yang diduga penulis memiliki kontribusi lebih tinggi terhadap loyalitas merek. Pada akhirnya Hipotesis pertama terbukti, variabel harga, kualitas produk dan jaminan bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap loyalitas merek sebesar 78,92%, dengan nilai F hitung sebesar 151,0171 lebih -besar F tabel sebesar 2,683. Hipotesis kedua tidak terbukti, kualitas produk mempunyai pengaruh yang dominan terhadap loyalitas merek, hal ini dapat dilihat dari Uji t di mana nilai t hitung 20,8786 lebih besar dari nilai t tabel 1,9798.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.EKO Soe 227 2002 |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB522-715 Income. Factor shares > HB535-551 Interes H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB535-551 Interes |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 06:41 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 06:41 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2856 |
Actions (login required)
View Item |