Analisis Pengaruh Saluran Distribusi dan Harga Terhadap Volume Penjualan pada Perusahaan Kopi Bubuk Sumber Agung Malang

Linaksita, Jimmy (2002) Analisis Pengaruh Saluran Distribusi dan Harga Terhadap Volume Penjualan pada Perusahaan Kopi Bubuk Sumber Agung Malang. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
233. JIMMY LINAKSITA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Perusahaan Kopi Bubuk Sumber Agung Malang adalah perusahaan swasta yang bergerak dibidang pengolahan biji kopi yang beroperasi sejak tahun 1984 dengan menjual kopi bubuk yang bermerk "Sumber Agung". kopi bubuk Sumber Agung mempunyai berbagai macam kualitas antara lain kualitas standar, super dan hero tetapi didalam skripsi ini yang dibahas mengenai kualitas standar. Daerah pemasaran kopi bubuk "Sumber Agung" meliputi Jawa Timur seperti Malang, Madura, Jember, Banyuwangi. Seiring dengan perkembangan dan kemajuan perusahaan kopi bubuk "Sumber Agung" Malang juga tidak pernah lepas dari berbagai masalah. Adapun masalah yang dihadapi perusahaan adalah kurangnya kebijaksanaan perusahaan didalam penentuan jumlah saluran distribusi dan dalam penentuan harga. Untuk itulah digunakan pengujian hipotesis kerja dengan menggunakan analisis linear berganda yaitu uji F­ test dan uji T-test. Dari kedua variabel tersebut yang mempunyai pengaruh yang dominan adalah saluran distribusi atau yang mempunyai pengaruh dominan daripada harga. Oleh karena itu perusahaan kopi bubuk "Sumber Agung" Malang, perlu melakukan suatu pembenahan mengenai kebijakan penentuan saluran distribusi dan harga yang digunakan sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. Berdasarkan hasil analisis SPPS dapat diperoleh nilai R multiple sebesar 96,59% yang menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan kuat antara variabel bebas yaitu saluran distribusi ( XI ) dan harga ( X2 ) yang ada dari hasil persamaan regresi linear berganda. Y = 11969,6149 + 4,2675 (Xl) + 0,5373 (X2 ) Sehingga dapat disimpulkan bila saluran distribusi ( X1 ) sebesar 4,2675 mengalami kenaikan maka volume penjualan ( Y ) diprediksikan akan mengalami kenaikan sebesar 4,2765 sedangkan harga ( X2 ) sebesar 0,5373 ditingkatkan maka penjualan juga mengalami kenaikan sebesar 0,5373. Dengan menggunakan analisis uji F dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi ( X1 ) dan harga ( X2 ) secara bersama-sama mempunyai pengaruh nyata terhadap penjualan ( Y ). Hal ini dinyatakan dengan F hitung ( 397,0302 ) > F tabel ( 3,116 ). Serta diperkuat dengan adanya T hitung untuk X, (27,2144) > T tabel 2,0025.menunjukan pengaruh saluran distribusi terhadap volume penjualan dan T hitung untuk X2 (23,1790) > T tabel 2,0025. menunjukan besarnya pengaruh harga terhadap volume penjualan. Sehingga dapat diperoleh kesimpulan saluran distribusi mempunyai pengaruh dominan terhadap peningkatan volume penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Lin 233 2002
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:52
Last Modified: 17 Nov 2022 01:52
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item View Item