Steven, A.H. (2004) Peranan Harga, Promosi dan Saluran Distribusi dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada PT. Keramik Diamond Industries. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
278. STEVEN A.H.pdf Download (88kB) |
Abstract
Persaingan di dalam dunia usaha yang semakin ketat dan global menuntut setiap perusahan untuk mampu menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Ukuran berhasil atau tidaknya perusahaan dalam menetapkan strategi pemasarannya salah satunya ditentukan oleh strategi marketing mixnya yaitu tingkat harga, biaya promosi dan saluran distribusi terhadap produk yang dihasilkan. Faktor-faktor inilah yang berperan dalam usaha peningkatan volume penjualan perusahaan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan tingkat harga, biaya promosi dan saluran distribusi terhadap peningkatan volume penjualan di PT. Keramik Diamond Industries selama peride 1999-2003. PT. Keramik Diamond Industries dalam memasarkan produknya mempunyai hambatan yaitu terjadi penurunan volume penjualannya. Masalah ini timbul diakibatkan karena adanya kenaikan harga produk dan tidak efektifnya biaya promosi yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan serta adanya pengurangan jumlah distributor. Sehingga dari masalah yang ada tersebut dapat dikemukakan suatu hipotesis yaitu diduga penetapan harga, strategi promosi dan penetapan saluran distribusi mempunyai pengaruh terhadap peningkatan volume penjualan di PT. Keramik Diamond Industries. Berdasarkan basil perhitungan uji-t diketahui bahwa t hitung untuk harga jual produk sebesar 6,6431 dan t hitung untuk saluran distribusi sebesar 4,226. Dengan t label sebesar 2,7764 maka t hitung > t label yang berati bahwa harga jual dan saluran distribusi mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan. Sedangkan t hitung untuk biaya promosi diketahui sebesar - 1,693, dengan t hitung < t label maka biaya promosi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan. Hasil perhitungan dengan uji F diketahui t hitung sebesar 19,137 dan t tabel sebesar 10,130. Dengan t hitung > t tabel maka secara bersama-sama harga jual, biaya promosi dan saluran distribusi mempunyai pengaruh terhadap perubahan volume penjualan. Dengan signifikansi yang dimiliki oleh hargajual yaitu sebesar 9,5% maka faktor harga jual produk paling dominan dalam mempengaruhi penurunan volume penjualan di PT. Keramik Diamond Industries selama periode 1999-2003. Jadi penentuan harga jual produk harus menjadi prioritas utama dalam menetapkan kebijakan marketing di PT. Keramik Diamond Industries agar produk yang dihasilkan dapat bersaing dan diterima oleh pasar sehingga volume penjualan bisa meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.EKO Ste 278 2004 |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 01:27 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 01:27 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2945 |
Actions (login required)
View Item |