Peranan Pedagang Besar dan Wiraniaga Serta Pemberian Insentif Tambahan Bagi Pedagang Besar Terhadap Volume Penjualan Produk Air Minum Mineral Dalam Kemasan Ukuran 19.000 ml Merk "X"

Natawidjaja, Samuel (1997) Peranan Pedagang Besar dan Wiraniaga Serta Pemberian Insentif Tambahan Bagi Pedagang Besar Terhadap Volume Penjualan Produk Air Minum Mineral Dalam Kemasan Ukuran 19.000 ml Merk "X". Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
114.SAMUEL NATAWIDJAJA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam Perekonomian dsewasa ini, segala sesuatu harus dikelola seefisien dan seefektif mungkin, karenanya untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan serta kedudukannya dalam pasar yang ada diperlukan suatu manajenıen yang baik. Suatu manajemen yang baik pada umumnya memiliki kebijakan bauran pemasaran, dimana salah satunya adalah kebijakan distribusi. Upaya pendistribusian dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah penunjukan distributor tunggal, yang berkewajiban membeli semua produk yang dihasilkan dan bertanggung jawab terhadap pemasarannya. Mengingat beratnya tugas yang dihadapi, distributortunggal ini memiliki sejumlah wiraniagadan pedagang besar, guna menyalurkan produk-produkyang dimiliki kepada pengecer-pengecer dan konsumen akhir, karenanya distributor tunggal ini harus dapat mengelola saluran yang dimiliki, upaya pengelolaan tersebut dapat dilakukan dengan pemberian rangsangan ke pedagang besar agar lebih agresif menjual produk perusahaan. Hal ini juga dihadapi oleh PT. Superindo Utama sebagai distributor tunggal. Dengan pengelolaan yang dilakukan oleh PT. Superindo Utama, kita dapat mengetahui apakah ada korelasi antara jumlah wiraniaga/jumlah pedagang besar terhadap volume penjualan wiraniaga/volume pedagang besar, juga dapat diketahui apakah terdapat korelasi antara pemberian insetif tambahan bagi pedagang besar terhadap volume penjualan pedagang besar. Untuk kepentingan tersebut maka diadakan penelitian dengan wawancara langsung dan laporan penjualan dengan data tahun 1993-1996, dari data yang diperoleh diadakan perhitungan dengan menggunakan uji korelasi (Pearson’s Product Moment Correlation Coefficient), dengan alasan bahwa pentingnya mengetahui korelasi, untuk mengambil kebijakan saluran distribusinya. Dari hasil perhitungan ternyata ada korelasi antara jumlah wiraniaga/jumlah pedagang besar dengan volume penjualannya, juga adanya korelasi antara pemberian insentif tambahan bagi pedagang besar dengan volume penjualan pedagang besar. Dengan penelitian yang dilakukan, diharapkan PT. Superindo Utama di dalam kebijakan saluran distribusinya dapat lebih memperhatikan jumlah wiraniaganya, jumlah pedagang besar yang dimiliki serta pemberian insentif tambahan bagi pedagang besar, sebingga tujuan perusahaan, yaitu dalam peningkatan volume penjualan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Nat 114 1997
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 15 Dec 2022 08:17
Last Modified: 15 Dec 2022 08:17
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3095

Actions (login required)

View Item View Item