Faktor Psikologis Perilaku Konsumen Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Dalam Pembelian Emas Lantakan Di Pasar Blauran Surabaya

Charmaelin, Theodora (2013) Faktor Psikologis Perilaku Konsumen Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Dalam Pembelian Emas Lantakan Di Pasar Blauran Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
115. THEODORA CHARMAELIN.pdf

Download (171kB)

Abstract

Emas merupakan logam mulia yang mempunyai nilai yang sangat tinggi sehingga banyak diperkenalkan sebagai salah satu jenis investasi. Keputusan pembelian dari konsumen sedikit banyak dipengaruhi oleh faktor psikologis yang meliputi motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap. Pasar Blauran Surabaya menjawab semua kebutuhan investasi di bidang logam mulia (emas lantakan) dimana perusahaan memfasilitasi pembelian emas lantakan dengan berbagai ukuran yang tentunya dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki konsumen. Penelitian ini menggunakan empat variabel (X) yaitu Persepsi (X1), Motivasi (X2), Pembelajaran (X3), dan Sikap (X4) serta variabel (Y) yaitu Keputusan Pembelian emas lantakan di pasar Blauran Surabaya dengan populasi yaitu konsumen yang membeli emas lantakan di pasar Blauran Surabaya dan diambil sampel sebanyak 70 responden. Pengukuran data yang digunakan adalah dengan Uji Validitas, Uji Realibilitas, Analisa Regresi Linier Berganda, Koefisien Determinasi Berganda (R2), Uji F (Uji Secara Serentak), dan Uji t (Uji Secara Parsial). Dari hasil pengolahan data disimpulkan bahwa validitas dan reliabilitas data telah terpenuhi. Dari Analisa Regresi Linear Berganda, didapatkan permodelan yaitu Y = 0,603 + 0,238 X1 + 0,216 X2 + 0,261 X3 + 0,113 X4. Koefisien Korelasi Berganda (R) yang didapatkan yaitu 0,785. Dari Koefisien Determinasi Berganda (R2) didapatkan hasil yaitu 61,6%. Dari Uji F (uji secara serentak) didapatkan hasil yaitu Fhitung 26,120 > Ftabel 2,513 sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Persepsi (X1), Motivasi (X2), Pembelajaran (X3), Sikap (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian emas lantakan di pasar Blauran Surabaya. Dari hasil Uji t (uji secara parsial) didapatkan hasil yaitu variabel Persepsi (X1) dengan thitung Sebesar 2,212 > ttabel 1,997, Motivasi (X2) thitung Sebesar 2,347 > ttabel 1,997, Pembelajaran (X3) thitung sebesar 2,292 > ttabel 1,997, Sikap (X4) thitung Sebesar 1,209 < ttabel 1,997. Dari kelima hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel Persepsi, Motivasi dan Pembelajaran berpengaruh parsial terhadap Keputusan Pembelian emas lantakan di pasar Blauran Surabaya, sedangkan variabel Sikap tidak berpengaruh parsial terhadap Keputusan Pembelian emas lantakan di pasar Blauran Surabaya. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian emas lantakan di pasar Blauran Surabaya adalah Pembelajaran dengan koefisien regresi terbesar yaitu 0,261.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Cha 115 2013
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Motivasi, Pembelajaran, Sikap dan Keputusan Pembelian emas lantakan di pasar Blauran Surabaya
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-990 Psychology
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:47
Last Modified: 05 Jan 2023 04:47
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3152

Actions (login required)

View Item View Item