EFEKTIFITAS METODE ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BUDI PEKERTI BERBAHASA TIONGHOA

Giarto, Lusiani (2024) EFEKTIFITAS METODE ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BUDI PEKERTI BERBAHASA TIONGHOA. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
187. Cover Abstrak Lusiani 61519040.pdf

Download (497kB)

Abstract

Pendidikan diselenggarakan dengan maksud mencerdaskan anak bangsa, mampu menguasai ilmu, pengetahuan, namun mengajarkan etika atau moral. Pembelajaran Budi Pekerti mempunyai tujuan mengajarkan pengetahuan etika atau moral kepada siswa. Menurut pembelajaran Budi Pekerti tema “Pelajaran 12 Memberi nasihat dan Pelajaran 13 Kepedulian dengan teman” yang diajarkan saat penelitian, maka penelitian ini mengambil judul “Efektifitas Metode Role Play Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Budi Pekerti Berbahasa Tionghoa.” Pengukuran data menggunakan metode kuantitatif. Pembelajaran Budi Pekerti menggunakan metode role play berbahasa Tionghoa ini bertujuan siswa memahami tema pembelajaran sambil melatih siswa berbicara bahasa Tionghoa di depan kelas. Pengumpulan data yang diambil sebagai bahan pengukuran adalah hasil kuis yang telah dikerjakan oleh siswa. Hasil kuis menunjukkan, banyak siswa yang belum melampaui batas kompetensi. Dengan kata lain, metode role play berbahasa Tionghoa pada penelitian ini masih belum memenuhi target keberhasilan. Faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan atau belum berhasilnya penelitian metode role play adalah waktu latihan yang kurang mencukupi, sehingga siswa belum cukup memahami dan fasih melakukan percakapan dalam bahasa Tionghoa pada dialog role play. Hal yang dilakukan siswa masih pada tahap membaca, gerak tubuh belum menunjukkan praktik sesuai tema tema “Pelajaran 12 Memberi nasihat dan Pelajaran 13 Kepedulian dengan teman”. Pustaka yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 20 buah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.BT Gia 187 2024
Uncontrolled Keywords: role play, pembelajaran Budi Pekerti, kuantitatif
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL1-8844 Languages of Easter n Asia, Africa, Oceania > PL1001-3208 Chinese language and literature
Divisions: Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 08 Jan 2025 01:32
Last Modified: 08 Jan 2025 01:32
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3469

Actions (login required)

View Item View Item