Sugianto, Yosua Ngurah (2024) AUDIT SISTEM INFORMASI FUNGSI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV. NR HERBALCARE, JOMBANG. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
Cover Abstrak Yosua Ngurah S.pdf Download (1MB) |
Abstract
N203R menerapkan sistem informasi pemasaran untuk mengelola pemasaran. Namun sistem informasi tersebut belum dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Tujuan dilaksanakannya audit sistem informasi pada fungsi pemasaran adalah untuk memberikan laporan tentang penilaian kinerja sistem informasi pada fungsi pemasaran dan memberikan rekomendasi dalam meningkatkan efektifivitas dan efisiensi terhadap bagian-bagian sistem informasi yang masih terbilang kurang. Fokus pada penelitian ini adalah mengacu pada audit sistem informasi fungsi pemasaran pada CV. NR Herbalcare, Jombang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif deskriptif dan sumber data merupakan data primer. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini peneliti akan melakukan perencanaan audit, pelaksanaan pengujian audit, serta pelaporan dan rekomendasi audit. Berdasarkan hasil penelitian sistem informasi pemasaran pada N203R tidak terintegrasikan dengan sistem informasi akuntansi, dokumen yang ada pada sistem informasi pemasaran hanya ada laporan pantauan toko, tidak melakukan offline backup data, strategi pemasaran tidak tercatat dalam bentuk laporan, hasil penjualan merupakan alat ukur satu-satunya untuk menentukan tingkat keberhasilan pemasaran, tolak ukur harga produk hanya berdasarkan beban pokok produk, riset pasar berdasarkan penjelasan dari distributor dan toko, terjadi ketidaksinkronan antara prosedur dengan yang terjadi pada lapangan, dan banyak dokumen terkait pemasaran tidak ada. Sehingga peneliti menyarankan sebaiknya sistem informasi pemasaran diintegrasikan dengan sistem informasi akuntansi, laporan terkait pemasaran dilengkapkan sesuai dengan kebutuhan pemasaran, data pada cloud juga dilakukan backup dalam offline storage, strategi pemasaran dicatat dalam bentuk laporan, diadakan alat ukur pemasaran jangka pendek, tolak ukur harga jual ditambahkan, riset pasar untuk produk secara meluas, kegiatan pelaporan teta sesuai dengan prosedur dan melakukan sosialiasi peraturan serta penerapan penghargaan dan sanksi pada karyawan untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.AK 365 Sug 2024 |
Uncontrolled Keywords: | Akuntansi, Audit, Audit Sistem Informasi, Pemasaran, Sistem Informasi Pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 04:19 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 04:19 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3512 |
Actions (login required)
View Item |