Analisis Financial dan Non-Financial sebagai Alat untuk Menilai Kinerja pada PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA (PT. TELKOM) Tbk.

Stevanie, Inggrid (2015) Analisis Financial dan Non-Financial sebagai Alat untuk Menilai Kinerja pada PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA (PT. TELKOM) Tbk. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (37kB)

Abstract

Analisis laporan keuangan dilakukan untuk menilai kinerja keuangan suatu badan usaha yang mencakup analisis kekuatan dan kelemahan, serta dapat membantu badan usaha dalam mengevaluasi kinerja masa lalu, kini, dan memprediksi kinerja di masa mendatang. Analisis non keuangan (non financial analysis) akan membantu badan usaha menemukan strategi untuk bersaing dengan para pesaingnya. Penelitian ini dilakukan pada badan usaha go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia (PT. Telkom) Tbk. Tujuan dipilihnya badan usaha yang bergerak dalam bidang jasa telekomunikasi tersebut yaitu untuk mengetahui kinerja PT. Telkom Tbk periode 2011-2013 menggunakan dasar analisis financial menggunakan analisis rasio keuangan yang terdiri dari likuiditas, aktivitas, solvabilitas dan profitabilitas. Sedangkan analisis non-financial menggunakan company reputation, brand equity, product quality, innovation, customer satisfaction dan corporate social responsibility. Selanjutnya dilakukan dilakukan penilaian kinerja setiap tahun badan usaha yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi tersebut untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan masing-masing tahun sehingga dapat diketahui tahun berapa yang memiliki kinerja yang lebih baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Telkom Tbk pada tahun 2013 memiliki keunggulan bagi dari segi financial maupun segi non-financial dibandingkan tahun 2011 dan tahun 2012. Dari segi financial PT. Telkom Tbk memiliki keunggulan pada rasio keuangan yaitu rasio likuiditas, aktivitas, solvabilitas dan profitabilitas. Dari segi non-financial, PT. Telkom Tbk pada tahun 2013 memiliki keunggulan pada semua aspek yaitu, company reputation, brand equity, product quality, innovation, customer satisfaction dan corporate social responsibility. Dari hasil yang didapat, maka disarakan bagi PT. Telkom Tbk untuk terus meningkatkan kinerja secara financial maupun non-financial agar setiap tahunnya menjadi lebih baik lagi dibanding tahun 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.AK Ste 131 2015
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Likuiditas, Aktivitas, Solvabilitas, Profitabilitas, Company reputation, Brand equity, Product quality, Innovation, Customer satisfaction, Corporate social responsibility.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 31 Jan 2019 04:39
Last Modified: 01 Feb 2019 03:13
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item