Pengaruh Product, Price, Promotion dan Place Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Cardiff Hair Serum di Surabaya

Tanzil, Jackson (2011) Pengaruh Product, Price, Promotion dan Place Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Cardiff Hair Serum di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)

Abstract

Dewasa ini persaingan dalam dunia bisnis kian berkembang dengan pesat, persaingan menjadi semakin ketat. Perusahaan-perusahaan baru terus bermunculan dan menciptakan berbagai macam varian produk baru dalam dunia kosmetik, khususnya dalam perawatan rambut. Oleh karena itu produsen kosmetik harus memperhatikan strategi yang diterapkan dan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari product, price, promotion dan place terhadap keputusan konsumen dalam membeli Cardiff Hair Serum di Surabaya, baik secara serentak maupun secara parsial, selain itu penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas dan analisa statistik deskriptif, kemudian metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang berasal dari data kuisioner yang telah diisi oleh sampel yang berjumlah sebanyak 50 responden dan kemudian diolah menggunakan SPSS versi 17. Dari hasil penelitian yang diperoleh, penulis menemukan bahwa dalam uji F menunjukkan hasil Fhitung > Ftabel yang artinya semua variabel independen (product, price, promotion dan place) secara serempak memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Kemudian dari uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel price dan place memiliki thitung < ttabel yang artinya tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Analisis regresi linear berganda memberikan hasil bahwa variabel product merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien sebesar 0,614. Mnurut hasil pengujian koefisien korelasi (R) menunjukkan angka 0,869 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara variabel product, price, promotion dan place dengan variabel keputusan pembelian. Dan yang terakhir adalah koefisien determinasi berganda (R2) menjelaskan bahwa 73,4% keputusan pembelian dipengaruhi oleh keempat variabel independen (product, price, promotion dan place), sedangkan sisanya 26,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Tan 10 2011
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5460-5469.5 Department stores. Mail order business. Supermarkets. Convenience stores
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:24
Last Modified: 22 Sep 2022 04:24
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2227

Actions (login required)

View Item View Item