Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Pelayanan, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Memilih Gerai BreadTalk Di Tunjungan Plaza Surabaya

Chiorsya, Gladys Vebrina (2011) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Pelayanan, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Memilih Gerai BreadTalk Di Tunjungan Plaza Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
9.ABSTRAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan semakin berkembangnya perekonomian di Indonesia yang diiringi dengan kemajuan teknologi yang modern, maka banyak terjadi persaingan diantara para pengusaha bakery. Sejak beberapa tahun yang lalu, kehadiran bakery berkonsep fresh from the oven (dapur terbuka sehingga konsumen dapat menyaksikan proses pembuatan roti secara langsung ) turut meramaikan dan memberikan warna baru dalam dunia bakery. Salah satu dari bakery yang berkonsep demikian adalah BreadTalk. Animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap BreadTalk disebabkan karena beberapa variabel, yang meliputi kualitas produk, harga, pelayanan, promosi, dan lokasi. Untuk menganalisis seberapa besar pengaruh dari variabel-variabel tersebut, penulis melakukanpenyebaran kuisioner kepada 120 responden yaitu konsumen yang melakukan transaksi pembelian di gerai bakery BreadTalk Tunjungan Plaza Surabaya pada saat penelitian berlangsung. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari perhitungan regresi dihasilkan Y = - 5,015 + 1,022.X1 + 0,368.X2 + 0,04588.X3 + 0,365.X4 + 0,320.X5. Sedangkan dari hasil pengujian melalui uji simultan (uji F), dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan nilai F hitung sebesar 23,761 dan nilai F tabel sebesar 2,29. Dalam hubungan secara simultan ini dihasilkan koefisien determinasi (R2) yang menggambarkan bahwa besar pengaruh kelima variabel bebas yaitu kualitas produk (X1), harga (X2), pelayanan (X3), promosi (X4), dan lokasi (X5) terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 51,0 %, sedangkan sisanya sebesar 49,0 % disebabkan oleh variabel lainnya. Melalui pengujian parsial dengan uji t menghasilkan nilai t tabel sebesar 1,980 dan t hitung untuk kualitas produk (X1) sebesar 7,171 yang berarti kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Harga (X2) sebesar 2,623 yang berarti harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Pelayanan (X3) sebesar 0,365, yang berarti pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Promosi (X4) sebesar 2,483, yang berarti promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Dan lokasi (X5) sebesar 2,465 yang berarti lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Berdasarkan pada hasil uji hipotesis tersebut dapat diketahui bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen adalah Kualitas Produk (X1) dengan angka Standardized Coefficient Beta (β) paling tinggi, yaitu sebesar 0,506 apabila dibandingkan dengan variabel harga, pelayanan, promosi, dan lokasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Chi 549 2011
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5429.7-5430.6 Shopping centers. Shopping malls
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:11
Last Modified: 22 Sep 2022 06:11
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2231

Actions (login required)

View Item View Item