Pengaruh Iklan Terhadap Persepsi Konsumen Pada Teh Botol SOSRO

Po, Siuk Hsing (2009) Pengaruh Iklan Terhadap Persepsi Konsumen Pada Teh Botol SOSRO. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
i-x-11-12.pdf

Download (93kB)

Abstract

Mengkonsumsi teh merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, baik saat santai bersama keluarga atau bahkan pada saat hajatan.Teh seolah sudah menjadi minuman utama di setiap acara. Berdasarkan hal tersebut, produsen teh siap saji dalam kemasan pun berlomba-lomba menciptakan inovasi dan terobosan baru. Salah satu langkah yang dapat ditempuh dalam mempromosikan produknya adalah dengan melalui iklanTelevisi dianggap media yang efektif untuk beriklan karena televisi melibatkan dua media sekaligus, yaitu audio dan visual. Sehingga lebih komunikatif dan memiliki daya lebih besar dalam melekatkan image dibenak konsumen. Selain itu iklan di televisi dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Hadirnya produk minuman Teh Botol Sosro. Sehingga hadirlah beraneka ragam produk minuman teh atau bukan teh yang membuat pesaingan semakin ketat. Variabel bebas, yang ada dalam penelitian ini dan terdiri dari: Heard Word (X1), Music (X2), Seen Word (X3), Picture (X4), Colour (X5), Movement (X6), terhadap variabel terikat (Y) persepsi konsumen pada Teh Botol Sosro yang bertujuan untuk membuktikan apakah keenam variabel tersebut mempengaruhi persepsi konsumen pada pada Teh Botol Sosro. Dalam penelitian ini digunakan uji reliabilitas, uji validitas, uji regresi liner berganda, dan uji hipotesis yang menggunakan hasil olahan dari progam komputer SPSS ver. 10.0. Pada uji t menyatakan bahwa variabel bebas, yang terdiri dari X1 (4.046), X2 (2.276), X5 (3.092), dan X6 (4.870) memiliki hasil yang signifikan dan berpengaruh secara parsial terhadap, variabel terikat (Y), hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil dari t hitung yang lebih besar dari t tabel sebesar 1.980. Sedangkan pada uji F menyatakan adanya pengaruh secara simultan antara variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y), hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil F hitung sebesar 13.921 lebih besar daru uji F tabel sebesar 2.18. Dari hasil analisis, maka dapat dinyatakan bahwa variable X1, X2, X5, X6 membuktikan bahwa memiliki pengaruh terhadap persepsi konsumen pada Teh Botol Sosro dengan melihat nilai uji t. sedangkan X3, dan X4 tidak berpengaruh. Dan pada uji F dapat diketahui bahwa 6 variabel bebas (X) memiliki F hitung sebesar 13.921 lebih besar dari F tabel sebesar 2.18 sehingga memberikan pengaruh secara simultan terhadap variabel terikat (Y). Dengan melihat standardized coefficient beta dari variabel X1 (0.301), X2 (0.185), X3 (-0.191), X4 (0.126), X5 (0.242), dan X6 (0.355) maka dapat diketahui bahwa variabel bebas (X) yang berpengaruh secara, dominan terhadap variabel terikat (Y) adalah variabel X6 dengan nilai sebesar 0.355 yang dominan dalam menimbulkan persepsi konsumen pada Teh Botol Sosro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Po 470 2009
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB522-715 Income. Factor shares > HB535-551 Interes
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB535-551 Interes

H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5801-6182 Advertising
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:04
Last Modified: 18 Oct 2022 03:04
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item View Item