Pengaruh Karakteristik Brand Model Terhadap Brand Awareness dan Brand Personality Pada Pemakai PANASONIC Sherina Series Di Surabaya

Ongkowijoyo, Maria Sherly Anggraini (2008) Pengaruh Karakteristik Brand Model Terhadap Brand Awareness dan Brand Personality Pada Pemakai PANASONIC Sherina Series Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI Maria Sherly Anggraini Ongkowijoyo (11104042) -4.pdf

Download (52kB)

Abstract

Globalisasi yang telah melanda dunia, membuat persaingan dalam dunia bisnis menjadi semakin ketat dan semakin sulit. Hal inilah yang mendorong P.T National Panasonic Gobel, yang bertanggung jawab atas pemasaran produk-produk elektronik dengan merek National maupun merek Panasonic, melakukan strategi pemasaran global, yaitu dengan merubah merek National untuk di lebur menjadi satu merek yaitu Panasonic. Perusahaan ini menggunakan iklan di berbagai media dan juga pemilihan Duta Panasonic sebagai bagian dari upaya mensosialisasikan perubahan merek ini. Pemilihan Duta Panasonic dilakukan dengan cara memilih seorang public figure untuk dijadikan sebagai Brand Model perusahaan. Brand Model adalah model yang dipilih oleh perusahaan sebagai ikon untuk mewakili merek perusahaan di masyarakat luas. Skripsi ini berisi penelitian tentang pengaruh Brand Model Panasonic terhadap kesadaran merek (Brand Awareness) masyarakat pada produk televisi Panasonic Sherina Series serta kesesuaian antara karakteristik dari Brand Model Panasonic dengan kepribadian merek (Brand Personality) dari televisi Panasonic Sherina Series. Dalam skripsi ini respondennya adalah individu yang berada di Surabaya dan telah memiliki dan menggunakan televisi merek Panasonic Sherina Series. Hasil penelitian menunjukan bahwa kredibilitas Brand Model memberikan pengaruh secara signifikan terhadap Brand Awareness masyarakat dan terdapat kesesuaian antara karakteristik Brand Model Panasonic dengan Brand Personality televisi merek Panasonic Sherina Series. Hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi antara variabel endogen sebesar 0.45 dengan hasil goodness Of Fit yang memenuhi syarat atau batas penerimaan.Menurut Uji Unidimensionalitas variabel-variabel yang terlibat dalam penelitian ini adalah Brand Model, Brand Awareness, dan Brand Personality. Dalam penelitiaan ini alat yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) yang terdiri dari 7 langkah yaitu : (1) Pengembangan model secara teoritis, (2) Menyusun diagram jalur, (3) Mengubah diagram jalur menjadi persamaan structural, (4) Memilih matrik input untuk analisis data (5) Menilai identifikasi model, (6) Mengevaluasi estimasi model, (7) Interprestasi tahapan model. Persamaan model structural dipilih karena metode ini dapat digunakan untuk menghitung analisis faktor konfirmatori bersama dengan pengukuran hubungan kausalitas, baik hubungan langsung maupun tidak langsung. Hasil yang diperoleh dari pengukuran dengan menggunakan alat Structural Equation Modeling (SEM) adalah signifikan karena hasil yang diperoleh memenuhi syarat dengan tingkat probabilitas >0.05 dan memenuhi syarat goodness of fit yang menunjukkan model dalam penelitian ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Ong 379 2008
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB238-251 Competition. Production. Wealth
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5801-6182 Advertising
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:59
Last Modified: 25 Oct 2022 03:52
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2594

Actions (login required)

View Item View Item