Analisa Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Eceran Pada Minimarket Indomaret dan Minimarket Alfamart Di Surabaya

Sie, Hwie Kiat (2008) Analisa Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Eceran Pada Minimarket Indomaret dan Minimarket Alfamart Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
439 SIE HWIE KIAT 11103034 abstrak.pdf

Download (75kB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara bauran eceran minimarket Indomaret dengan bauran eceran minimarket Alfamart di Surabaya menurut persepsi konsumen serta mengetahui bauran eceran minimarket Indomaret ataukah bauran eceran minimarket Alfamart yang mendapatkan persepsi lebih baik dari konsumen. Mengetahui persepsi konsumen terhadap bauran eceran minimarket Indomaret dan minimarket Alfamart sangat penting bagi perusahaan dan masyarakat lainnya untuk menentukan yang terbaik. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa variabel, yaitu: Lokasi Toko (X1), Penampilan Toko (X2), Produk(X3), Promosi (X4), Layanan (X5), dan Harga (X6). Penelitian ini menggunakan metode Chi Kuadrat dengan jumlah responden sebanyak 60 orang Melalui hasil pengujian Chi Kuadrat dapat disimpulkan bahwa untuk variabel Lokasi Toko (X1) disimpulkan bahwa minimarket Indomaret dan minimarket alfamart mempunyai persepsi yang sama baiknya dengan nilai Chi Kuadrat hitung sebesar 0.52, dan Chi Tabel 3.481 (0.58 < 3.481). Untuk variabel Penampilan Toko (X2) disimpulkan bahwa minimarket Indomaret mempunyai persepsi yang lebih baik dibandingkan dengan minimarket Alfamart dengan nilai Chi Kuadrat Hitung 3.74 dan Chi Tabel 3.481 (3.74 > 3.481). Untuk variabel Produk (X3) disimpulkan batrwa minimarket Indomaret dan minimarket Alfamart mempunyai persepsi yang sama baiknya dengan nilai Chi Kuadrat Hitung 0.06 dan Chi Tabel 3.481 (0.06 < 3.481). Untuk variabel Promosi (X4) disimpulkan bahwa minimarket Alfamart mempunyai persepsi yang lebih baik dibandingkan dengan minimarket lndomaret dengan nilai Chi Kuadrat Hitung 3.95 dan Chi Tabel 3.481 (3.95 > 3.481). Untuk variabel Layanan (X5) disimpulkan bahwa minimarket Indomaret dan minimarket Alfamart mempunyai persepsi yang sama baiknya dengan nilai Chi Kuadrat Hitung 0.32 dan Chi Tabel 3.481 (0.32 < 3.481). Untuk variabel Harga (X6) disimpulkan bahwa minimarket Indomaret dan minimarket Alfamart mempunyai persepsi yang sama baiknya dengan nilai Chi Kuadrat Hitung 0.32 dan Chi Tabel 3.481 (0.32< 3.481). Jadi Hipotesis yang diajukan tidak sepenuhnya terbukti, karena berdasarkan hasil penelitian ternyata minimarket Indomaret mempunya persepsi yang lebih baik hanya untuk variabel Penampilan Toko, sedangkan minimarket Alfamart untuk variabel Promosi, dan keduanya mempunyai persepsi yang sama baiknya untuk variabel Lokasi Toko, Produk, Layanan dan Harga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Sie 439 2008
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5460-5469.5 Department stores. Mail order business. Supermarkets. Convenience stores
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:55
Last Modified: 02 Nov 2022 06:55
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2729

Actions (login required)

View Item View Item