Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Putusan Pembelian Mobil Panther Pada PT KARYAPRIMA MOBILINDO Di Surabaya

Chandra, Benny (1999) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Putusan Pembelian Mobil Panther Pada PT KARYAPRIMA MOBILINDO Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
156. BENNY CHANDRA.pdf

Download (103kB)

Abstract

Putusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor kepribadian, dan faktor psikologis. Tiap-tiap faktor mempunyai pengaruh atau peranan yang penting bagi konsumen di dalam menentukan putusan pembeliannya terhadap suatu produk barang dan jasa. Di mana pengaruh untuk tiap-tiap faktor tersebut bagi konsumen dalam menentukan putusan pembeliannya terhadap suatu produk bisa sama atau seimbang dan bisa juga berbeda-beda. Menurut Philip Kotler putusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh empat faktor utama psikologis, yaitu faktor motivasi, persepsi, belajar, dan sikap. Dalam hal ini penulis mengadakan analisis mengenai pengaruh faktor psikologis yang meliputi faktor motivasi, persepsi, belajar, dan sikap terhadap putusan pembelian konsumen dalam membeli mobil Panther. Untuk mendapatkan data penulis mengedarkan koesioner pada konsumen yang membeli mobil Panther pada PT Karyaprima Mobilindo. Dari hasil analisis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang bermakna dari faktor psikologis yang meliputi faktor motivasi, persepsi, belajar, dan sikap terhadap putusan pembelian mobil Panther, dan signifikan karena probabilitasnya (1,806E-09) < 5%, juga diketahui bahwa faktor persepsi mempunyai pengaruh yang paling dominan sedangkan faktor yang kontribusinya paling rendah terhadap putusan pembelian adalah faktor sikap. Oleh sebab itu perusahaan perlu meningkatkan elemen-elemen yang mendukung sikap konsumen dalam menentukan putusan pembelian, sedangkan segala sesuatu yang menimbulkan persepsi konsumen harus dapat lebih ditingkatkan atau minimal dipertahankan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Cha 156 1999
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5735-5746 Business records management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:20
Last Modified: 09 Dec 2022 04:20
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3060

Actions (login required)

View Item View Item