Carolina, Yescylind (2021) Keefektifitasan Penerapan Metode Total Physical Response dalam Pembelajaran Daring terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Kelas 3D di SD X Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.
Text (ABSTRAK)
Skripsi Yescylind-8-10 abstrak.pdf Download (396kB) |
Abstract
Bahasa merupakan suatu unit penting yang wajib dikuasai oleh masing-masing individu manusia tak terkecuali bahasa asing di samping bahasa ibu. Belajar bahasa dapat dilakukan di mana dan kapan saja sehingga dalam kondisi pandemi ini, yang semua kegiatan dilakukan secara daring, tidak dapat menghentikan seseorang untuk belajar bahasa. Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa asing yang sangat dibutuhkan pada zaman sekarang ini. Hal utama dalam mempelajari bahasa Mandarin adalah penguasaan sebuah kosakata. Dalam pembelajaran daring bahasa Mandarin, guru harus dapat memilih dan menerapkan metode pengajaran yang tepat dan menarik bagi siswa. Metode TPR atau Total Physical Response merupakan salah satu metode yang tepat dilaksanakan dan digunakan dalam pengajaran bahasa Mandarin secara daring untuk jenjang anak - anak agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan sehingga anak-anak dapat lebih semangat dan aktif dalam mempelajari bahasa Mandarin yang dianggap oleh sebagian besar orang sulit untuk dipelajari. Media gambar merupakan media pendukung dalam penerapan metode TPR dalam pembelajaran daring. Dari 21 siswa, 10 siswa mengalami peningkatan nilai sehingga metode TPR efektif dalam pembelajaran daring kosakata.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SK.BT Car 148 2021 |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Mandarin, Pembelajaran Daring, Metode Total Physical Response(TPR) |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL1-8844 Languages of Easter n Asia, Africa, Oceania > PL1001-3208 Chinese language and literature |
Divisions: | Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | Perpustakaan UWIKA |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 03:30 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 03:30 |
URI: | http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/1293 |
Actions (login required)
View Item |