Pengaruh Brand Awareness, Brand Associations, Brand Identity Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Jamu Bersih Darah Merek Jamu IBOE Di Surabaya

Pringgodani, Agung (2009) Pengaruh Brand Awareness, Brand Associations, Brand Identity Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Jamu Bersih Darah Merek Jamu IBOE Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
3---ABSTRAK.pdf

Download (24kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan berdampak semakin banyaknya temuantemuan baru di bidang kesehatan, misalnya obat-obatan sebagai penghilang rasa sakit yang banyak beredar di pasaran dengan menawarkan berbagai komposisi. Hal ini memicu persaingan antara produsen jamu. Untuk itu diperlukan brand awareness, brand associations, dan brand identity yang berfungsi agar konsumen dapat mengidentifikasi produk yang diinginkan. Dalam penelitian ini peneliti membahas tentang ”Pengaruh brand awareness, brand associations, brand identity terhadap pengambilan keputusan pembelian jamu bersih darah merek jamu Iboe di Surabaya”. Selain itu penelitian ini juga berguna untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian jamu bersih darah merek jamu Iboe di Surabaya. Keputusan pembelian dalam hal ini adalah pembelian produk, dapat dilihat dan diukur dari variabel brand awareness (X1), brand associations (X2), dan brand identity (X3). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t dengan responden sebanyak 80 responden yang diambil dari konsumen jamu bersih darah merek jamu Iboe di Surabaya. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji F untuk mengukur variabel bebas terhadap terhadap variabel tergantung secara simultan dan uji t untuk mengukur masing-masing pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung. Hasil perhitungan menggunakan uji F dimana F hitung 40.337 > F tabel 2.76. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh secara simultan dari variabel brand awareness (X1), brand associations (X2), dan brand identity (X3) terhadap pengambilan keputusan pembelian (Y). Dari hasil uji t ke 3 variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian jamu bersih darah merek jamu Iboe di Surabaya (Y). Sedangkan dilihat dari nilai Standardized Coefficient Beta (�) pada brand awareness (X1) sebesar 0.698, brand associations (X2) sebesar 0.100, dan brand identity (X3) sebesar -0.100. Dari nilai yang ada , maka dapat dilihat bahwa yang paling dominan pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan pembelian jamu bersih darah merek jamu Iboe di Surabaya (Y) adalah variabel brand awaraness (X1) yaitu sebesar 0.698 atau 69.8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Pri 496 2009
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:51
Last Modified: 13 Oct 2022 08:51
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2449

Actions (login required)

View Item View Item