Pengaruh Brand Awareness, Brand Personality, Brand Association dan Brand Identity Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen atas Es Krim WALL’S Di Surabaya

Wijaya, Daniel Hanani (2009) Pengaruh Brand Awareness, Brand Personality, Brand Association dan Brand Identity Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen atas Es Krim WALL’S Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (8kB)

Abstract

Persaingan dunia usaha dewasa ini semakin ketat, Fenomena persaingan yang ada akan semakin mengarahkan sistem perekonomian indonesia ke mekanisme pasar yang memposisikan pemasar untuk selalu mengembangkan dan merebut market share, salah satu aset untuk mencapai keadaan tersebut adalah brand. Perusahaan es krim adalah salah satunya dan Penulis mengambil perusahaan es krim Wall's sebagai obyek penelitian. Penulis ingin mengetahui pengaruh Brand awareness, brand personality, brand association, brand personality, brand identity terhadap keputusan pembelian konsumen es krim Wall's di Surabaya. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari konsumen es krim Wall's di Surabaya yang berjumlah 55 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan teknik penyebaran purposive sampling. Model yang digunakan dalam penelitian adalah skala likert dengan interval 1-5 dan model regresi linear berganda. Hipotesis dilakukan dengan uji F dan uji T. Dari hasil analisis regresi didapat hasil: -0.010 + 0.499X1 + 0. 104X2 - 0. 047X3 + 0. 435X4 , yang berarti menunjukan adanya pengaruh variabel X terhadap variabel Y dan ditunjukan dengan hubungan keeratan antar variabel (R2) sebesar 51.7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Lalu pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F untuk menguji variabel - variabel bebas secara simultan terhadap variabel Y, dimana F hitung 13.380 > F tabel 2.61, berarti secara simultan variabel - variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Selain itu juga digunakan uji t untuk menguji pengaruh variabel -variabel bebas secara parsial terhadap variabel Y, yang hasilnya menunjukan X1 t hitung 4.445< t tabel 2.021; X2 t hitung 0.898 < t tabel 2.021; X3 t hitung -0.588 > -2.021; X4 t hitung 3.661 > 2.021 , X1 dan X4 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y, sedangkan X2 dan X3 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap variabel Y adalah X1 (Brand Awareness) dengan pengaruh sebesar 0.470.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Wij 461 2009
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:37
Last Modified: 14 Oct 2022 01:37
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2456

Actions (login required)

View Item View Item