Pengaruh Bauran Pemasaran, Merek dan Kualitas Roti Sari Roti Pada Keputusan Pembelian Konsumen Di Surabaya

Hartanto, Sandy (2009) Pengaruh Bauran Pemasaran, Merek dan Kualitas Roti Sari Roti Pada Keputusan Pembelian Konsumen Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
KATA PENGANTAR - ABSTRAK-12.pdf

Download (21kB)

Abstract

Dewasa ini banyak sekali perusahaan bersaing didalam dunia usaha. Dalam menghadapi persaingan dan mahalnya harga kebutuhan pokok, perusahaan harus benar-benar mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen dengan menjadikan produk dengan harga yang murah (ekonomis), merek dan memiliki kualitas yang baik, serta tidaklah lupa bagaimana perusahaan melakukan promosi dan penyaluran distribusinya yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, Demikian pula yang dialami PT. Nippon Indosari Corpindo dengan merek Sari Roti yang bergerak dibidang roti. Untuk itu dalam penelitian ini penulis menyebarkan kuesioner sebanyak 110 responden di wilayah Surabaya, dimana data yang diperoleh kemudian diolah dengan teori-teori dan metode pengujian yang relevan, yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh produk (X1), harga(X2), promosi(X3), saluran distribusi (X4), merek (X5) dan kualitas (X6) pada keputusan pembelian konsumen di Surabaya (Y) Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan uji t dan uji F, yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan dan secara parsial dengan jumlah responden 110 orang. Dari perhitungan regresi dihasilkan Y = 0.042 - 0.252 X1 + 0.032 X2 + 0.077 X3 + 0.341 X4 + 0.409 X5 + 0.374 X6 Melalui hasil pengujian regresi linier berganda diatas untuk hasil perhitungan dengan menggunakan uji simultan (uji F) dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai F hitung sebesar 12.155 dan F tabel sebesar 2.188. Dalam hubungan secara simultan ini dihasilkan koefisien determinasi (R2) yang menunjukan bahwa variabel-variabel bebas berpengaruh sebesar 41.5% terhadap keputusan pembelian sedangkan sisanya sebesar 58.5 % disebabkan oleh faktor lainnya seperti kualitas pelayanan, komunikasi marketing dan lain-lain. Sedangkan pengujian parsial menggunakan uji t (t test) yang menghasilkan ttabel sebesar 1.980. Berdasarkan t hitung dari setiap variabel, yang paling berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) adalah variabel saluran distribusi (X4), yang memiliki nilai t hitung sebesar 0.301 yang lebih besar dari nilai Standardized Coefficient Beta variabel bebas lainnya. Kemudian variabel produk (X1) sebesar t hitung -2.189 < t tabel -1.980 berpengaruh negatif, variabel merek (X5) sebesar t hitung 3.029 > t tabel 1.980 dan variabel kualitas (X6) sebesar t hitung 3.013 > t tabel 1.980. Selain itu terdapat 2 variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan karena nilai thitung lebih kecil dari t tabel yaitu variabel harga (X2) sebesar 0.305 < t tabel 1.980 danvariabel promosi (X3) sebesar t hitung 0.867 < t tabel 1.980.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Har 445 2009
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB522-715 Income. Factor shares > HB535-551 Interes
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB535-551 Interes

H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:19
Last Modified: 17 Oct 2022 03:19
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item View Item