Pengaruh Advertising dan Sales Promotion dalam Meningkatkan Volume Penjualan CV.Sarana Jaya Steel di Surabaya

Oentoeng, Yuliani (2008) Pengaruh Advertising dan Sales Promotion dalam Meningkatkan Volume Penjualan CV.Sarana Jaya Steel di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
386 YULIANI OENTOENG 11104085 abstrak.pdf

Download (114kB)

Abstract

Setiap perusahaan yang didirikan selalu berusaha untuk dapat meningkatkan volume penjualannya. Akan tetapi pada kenyataannya tidak semudah seperti yang kita harapkan karena dewasa ini persaingan dalam dunia bisnis sangat kompetitif. Dalam upaya menghadapi persaingan yang ketat ini maka CV.Sarana Jaya Steel di Surabaya menggunakan dua sarana promosi yaitu advertising (X1) dan sales promotion (X2) Advertising yang dilakukan CV.Sarana Jaya Steel di Surabaya dengan tujuan agar konsumen dapat mengenal produk, lokasi perusahaan dan exsistensi dari perusahaan. Selain itu sales promotion juga digunakan untuk meningkatkan daya beli konsumen terhadap produk yang dijual oleh CV.Sarana Jaya Steel di Surabaya. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari CV.Sarana Jaya Steel di Surabaya berupa laporan penjualan, biaya advertising, biaya sales promotion dari tahun 2000-2006. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uju t. Hasil penelitian menunjukan bahwa advertising (X1) dan sales promotion (X2) secara bersama-sama mempengaruhi volume penjualan (Y). Terbukti dari Fhitung 7,481 > Ftabel 6,94 dan nilai koefisien determinasi berganda (R2) sebesar 0,789 kemudian dengan uji t advertising berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan dengan nilai thitung 3,017 > ttabel = 2,776. Sedangkan untuk sales promotion tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan dengan nilai thitung 1,066 < ttabel = 2,776. Dari hasil analisis menunjukan bahwa advertising merupakan faktor yang dominan dalam mempengaruhi volume penjualan pada CV.Sarana Jaya Steel di Surabaya. Sehingga advertising sebaiknya dipertahankan dan untuk biaya sales promotion sebaiknya dikurangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Oen 386 2008
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5801-6182 Advertising
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:18
Last Modified: 01 Nov 2022 07:18
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2711

Actions (login required)

View Item View Item