Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Pemakai Handphone Merek Nokia Di Kalangan Mahasiswa Universitas Widya Kartika Surabaya

Hartanto, Petrus Pitono Tanu (2007) Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Pemakai Handphone Merek Nokia Di Kalangan Mahasiswa Universitas Widya Kartika Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
02 pembuka-10.pdf

Download (119kB)

Abstract

Perkembangan ekonomi yang sangat pesat, menyebabkan makin banyak pula produk – produk yang beredar di pasaran, maka mau tak mau konsumen dituntut untuk dapat pandai- pandai memilih barang yang sesuai dengan yang dibutuhkannya. Untuk itu diperlukan brand image yang mana berfungsi agar konsumen dapat mengidentifikasikan produk yang diinginkan dan dibutuhkannya. Dari sekian produk yang ada di pasaran penulis mengambil produk handphone Nokia sebagai obyek penelitian. Dari penelitian ini penulis ingin mengetahui pengaruh brand image terhadap minat beli konsumen handphone merek Nokia di kalangan mahasiswa Universitas Widya Kartika Surabaya. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari mahasiswa program studi reguler, yang terdiri dari program studi Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika dan Bahasa Tionghoa, yang berjumlah populasi 864 orang, dari jumlah populasi tersebut diambil sampel yang dianggap sudah representatif sebesar 251 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan teknik penyebaran Purposive Sampling. Model yang digunakan dalam penelitian adalah skala Likert dengan interval 1-5 dan model Regresi Linear Berganda yang bertujuan mengetahui pengaruh variabel bebas brand image yang terdiri dari brand awareness, brand association, brand identity dan brand personality , terhadap variabel terikat minat beli. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji F untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan dan Uji T untuk mengetahui pengaruh variabel secara parsial. Dari hasil analisis regresi didapat hasil: 1.417+0.153X1+0.223X2+(-)0.055X3 +0.377X4, yang berarti menunjukkan adanya pengaruh variabel X terhadap variabel Y dan ditunjukkan dengan hubungan keeratan antar variabel (R2) sebesar 40.8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Lalu pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji F untuk menguji pengaruh variabel – variabel bebas secara simultan terhadap variabel Y, yang hasilnya didapat sebesar 42.433 dimana F hitung 42.433 > F tabel 2.40, berarti secara simultan variabel – variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Selain itu juga digunakan Uji T untuk menguji pengaruh variabel – variabel bebas secara parsial terhadap variabel Y, yang hasilnya menunjukkan X1 t hitung 2.414 > t tabel 1.960 ; X2 t hitung 3.181 > t tabel 1.960 ; X3 t hitung -0.775 < t tabel 1.960 ; X4 t hitung 5.927 > t tabel 1.960, hasil perhitungan ini menunjukkan bahwa secara parsial X1, X2 dan X4 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y, sedangkan X3 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y. Sedangkan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap variabel Y adalah X4 (brand personality) dengan pengaruh sebesar 0.429, kemudian diikuti dengan X2 (brand association) sebesar 0.230, X1 (brand awareness) sebesar 0.158 dan terakhir X3 sebesar – 0.064.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Har 352 2007
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications > HE9713-9715 Cellular telephone serv ices industry. Wireless telephone industry
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5801-6182 Advertising
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:09
Last Modified: 07 Nov 2022 07:09
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2779

Actions (login required)

View Item View Item