Analisa Pengaruh Harga dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Produk Fitting Gantung Type JK-28 pada UD"X" di Surabaya

Kwantoro, Julianto (2002) Analisa Pengaruh Harga dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Produk Fitting Gantung Type JK-28 pada UD"X" di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
230. JULIANTO KWANTORO.pdf

Download (93kB)

Abstract

Sejalan dengan semakin pesatnya pembangunan di Indonesia pada dewasa ini menyebabkan bermunculannya perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sama dan menempati lokasi yang berdekatan pula. Begitu pula halnya dengan UD "X" yang selama ini bergerak dalam bidang import sekaligus perdagangan alat­-alat listrik. Persaingan yang sangat tajam ini dapat dilihat dari banyaknya pesaing dari UD "X" yang mampu menawarkan produk sejenis dengan harga yang cukup kompetitif serta jaringan distribusi yang cukup luas. Perusahaan UD "X" Surabaya adalah usaha dagang yang kegiatan utamanya adalah mengimport serta memperdagangkan alat-alat listrik. Perusahaan ini berlokasi di jalan Bogorami no 5 Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan faktor harga dan saluran distribusi sebagai faktor yang mempengaruhi volume penjualan pada fiting gantung type JK 218 pada UD "X" di Surabaya. Berdasarkan dari hasil pengolahan data perusahaan yang ada dengan menggunakan analisa uji F menunjukkan bahwa variabel harga (X1) dan saluran distribusi (X2) secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap volume penjualan UD "X", dimana nilai F Hitung (22,008) yang diperoleh lebih besar dari nilai F Tabel (4,74). Sedangkan koefisien determinasi yang dihasilkan menunjukkan bahwa variabel harga dan saluran distribusi secara bersama-sama mampu menjelaskan variabel volume penjualan sebesar 86,3%, dimana sisanya sebesar 13,7 % dipengaruhi oleh faktor-lainnya. Berarti hubungan antara variabel bebas dengan variabel tidak bebas cukup kuat. Pada analisa uji T menghasilkan kesimpulan bahwa secara parsial variabel harga (X) berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan dengan nilai T hitung (2,447) dan saluran distribusi (X2) berpengaruh secara nyata terhadap volume penjualan dengan nilai T hitung (6,568) jika dibandingkan dengan nilai T tabel sebesar 2,365. Hal ini menunjukkan bahwa kedua variabel tidak terikat berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil analisa uji T diatas, maka dapat disimpulkan bahwa variabel saluran distribusi (X2) merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap variabel volume penjualan (Y), jika dibandingkan dengan variabel harga. Pada akhirnya dapat dilihat bahwa variabel harga dan saluran distribusi memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan, sehingga disarankan kepada pimpinan UD "X" untuk lebih memperhatikan hal tersebut dalam upaya untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih maju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Kwa 230 2002
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 16 Nov 2022 07:29
Last Modified: 16 Nov 2022 07:29
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2859

Actions (login required)

View Item View Item