Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih FUTURESOFT INDONESIA Sebagai Lembaga Pengajaran Komputer Di Surabaya

Djuarsa, Eva Meilinda (2005) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Memilih FUTURESOFT INDONESIA Sebagai Lembaga Pengajaran Komputer Di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
287. EVA MEILINDA DJUARSA_2.pdf

Download (922kB)

Abstract

Pada era globalisasi seperti saat ini, siap atau tidak siap, suka atau tidak suka ,perusahaan-perusahaan di lndonesia baik perusahaan di bidang produk maupun jasa akan memasuki era persaingan bisnis yang semakin ketat. Sukses atau gagalnya suatu perusahaan dalam melakukan penjualan disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk memilih Futuresoft Indonesia sebagai lembaga pengajaran computer, Untuk itu perlu dibutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam memperoleh informasi seiring dengan perkembangan teknologi komputer saat ini. Lembaga pengajaran komputer Futuresoft Indonesia mempunyai strategi khusus untuk menghadapi persaingan bisnis dalam mempertahankan konsumennya, yaitu antara lain dengan cara: memperhatikan merek/nama atau image daripada perusahaan, seluruh anggota bagian / divisi dari perusahaan perlu merasa terllibat dalam pemenuhan, keinginan, dan kepuasan daripada konsumen dan yang terpenting senantiasa menjalin hubungan yang baik dengan konsumen dengan memenuhi semua harapan-harapan dan keinginan daripada konsumen. Analisa yang dipergunakan adalah analisa regresi linier berganda dengan uji t dan uji F yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan dan secara parsial dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil uji regresi linier menunjukkan bahwa secara simultan (uji F), variabel produk, harga, pelayanan, lokasi, citra dan sumber informasi mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih Futuresoft Indonesia sebagai lembaga pengajaran komputer, dengan nilai Fhitung Sebesar 11,388 dan nilal Ftabel Sebesar 2,20. Dalam hubungan secara simultan ini diperoleh koefisien determinasi (R2) = 65.10% yang menggambarkan bahwa variabel tidak bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih Futuresoft Indonesia sebagai lembaga pengajaran komputer Pengujian secara parsial (uji T) pada Lembaga pengajaran koinputer Futuresoft Indonesia menghasilkan Ttabel sebesar 1,9858 sedangkan nilai Thitung untuk variabel produk (X1) sebesar 2,523 sehingga dapat disimpulkan bahwa produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian.Sedangkan variabel harga (X2) sebesar 2,007 menunjukkan bahwa harga juga berpengaruh dalam keputusan pembelian. Variabel pelayanan (X3) sebesar 3,245 menunjukkan bahwa pelayanan juga berpengaruh dalam keputusan pembelian. Lokasi (X4) sebesar 3,085 menunjukkan bahwa lokasi juga berpengaruh dalam keputusan pembelian. Citra (X5) sebesar 2,074 menunjukkan bahwa citra juga mempunyai pengaruli dalam keputusan pembelian. Sumber Informasi (X6) sebesar 2,239 menunjukkan bahwa suinber informasi juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) diketahui bahwa variabel pelayanan (X3) merupakan variabel yang paling dominan bagi konsumen untuk memilih Futuresoft Indonesia sebagai lembaga pengajaran komputer di Surabaya dengan nilai thitung yaitu sebesar 3,245 atau berpengaruh sebesar 32,45%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Dju 287 2005
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:36
Last Modified: 23 Nov 2022 06:36
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2927

Actions (login required)

View Item View Item