Analisis Pengaruh Sarana Motivator Pemenuhan Kebutuhan dan Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Staf PT. WELBACK INDONESIA Di Sidoarjo

Kusumawati, Hany Diah (1996) Analisis Pengaruh Sarana Motivator Pemenuhan Kebutuhan dan Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Staf PT. WELBACK INDONESIA Di Sidoarjo. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
96. HANY DIAH KUSUMAWATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peranan manusia dalam mengendalikan roda kehidupan tidak dapat dipungkiri lagi. Oleh karena itu dalam setiap sisi kehidupan perusahaan pun tidak pula terlepas dari peranan manusia sebagai sumber daya dasar. Unsur sumber daya manusia ini yaitu karyawan perusahaan, sangat besar peranannya dalam perkembangan perusahaan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Hal ini tentunya berhubungan juga dengan kepuasan yang dirasakan oleh para karyawan secara lahiriah maupun bathiniah dan harus pula diseimbangkan atau diselaraskan dengan perkembangan perekonomian perusahaan tersebut. Terpuaskannya para karyawan pada umumnya berdampak positif terhadap hasil kerja mereka. Keadaan inilah yang dapat memberikan keuntungan bagi kelancaran dan kesuksesan perusahaan. Pada umumnya semua itu dapat tercapai dengan pemahaman secara mendalam dari seorang pimpinan mengenai tehnik - tehnik yang dapat menciptakan motivasi kerja serta memelihara kepuasan kerja para karyawan. Salah satu dari tehnik- tehnik yang dipergunakan oleh PT. Welback Indonesia untuk mencapai tujuan tersebut, yaitu dengan berusaha memenuhi kebutuhan umum dan memberikan insentif kepada karyawannya. Adapun untuk menilai ada tidaknya pengaruh kedua sarana tersebut terhadap kepuasan kerja karyawan khususnya karyawan staf PT. Welback Indonesia digunakan data primer dari responden. Data tersebut kemudian diuji dengan Anareg Berganda dan analisis klasifikasi respon dari item kepuasan kerja. Dari hasil analisis ternyata diantara kedua sarana tersebut prosentase pengaruhnya yang terbesar terhadap kepuasan kerja karyawan staf adalah sarana motivator insentif. Sedangkan prosentase pengaruh yang lain dihasilkan oleh faktor - faktor diluar kedua sarana tersebut. Analisis ini diharapkan agar pihak manajemen perusahaan mengetahui bahwa kedua sarana tersebut ternyata berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan stafnya dan mengetahui besar prosentase pengaruh kedua sarana tersebut terhadap kepuasan kerja karyawan stafnya. Hal tersebut di harapkan pula dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan dalam menerapkan tehnik - tehnik pemeliharaan kepuasan kerja karyawan stafnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Kus 96 1996
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 08 Dec 2022 04:30
Last Modified: 08 Dec 2022 04:30
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3030

Actions (login required)

View Item View Item