Peranan Faktor Harga, Kualitas Produk, dan Pengecer Terhadap Jumlah Pembelian Bakwan "X“ Di Pasar Genteng Baru Surabaya

Prayitno, Gunawan Dwi (1999) Peranan Faktor Harga, Kualitas Produk, dan Pengecer Terhadap Jumlah Pembelian Bakwan "X“ Di Pasar Genteng Baru Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
151. GUNAWAN DWI PRAYITNO.pdf

Download (154kB)

Abstract

Dengan berkembangnya perekonomian dewasa ini, maka persaingan antara para produsen, khususnya yang menghasilkan produk yang sama, tidak dapat dielakkan lagi. Situasi seperti ini menyebabkan para produsen saling bersaing dengan segala daya dan upaya untuk menjual produk yang dihasilkannya agar perusahaan mampu bertahan dan dapat menjadi pemimpin pasar. Karena perkembangan ekonomi yang demikian, maka strategi pemasaran yang akan dilakukan harus dapat diandalkan. Disamping itu, pemasaran merupakan suatu kegiatan terpenting dalam perekonomian yang mempunyai fungsi utama sebagai penghubung antara kegiatan produksi dan kegiatan konsumsi. Untuk dapat melaksanakan suatu pemasaran yang berhasil, maka perusahaan harus memperhatikan beberapa faktor dalam memasarkan hasil produksi, diantaranya faktor harga, kualitas produk dan pengecer dimana faktor-faktor tersebut berpengaruh terhadap jumlah pembelian bakwan “ X “ di pasar Genteng Baru Surabaya. Penulis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, korelasi berganda, uji t-test dan uji f dengan bantuan program microstat untuk mengetahui apakah faktor harga, kualitas produk dan ”pengecer mempengaruhi jumlah pembelian bakwan “ X “ di pasar Genteng Baru Surabaya. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa terdapat pengaruh antara faktor harga, kualitas produk serta pengecer terhadap jumlah pembelian. Secara parsial, faktor yang paling mempengaruhi jumlah pembelian pada perusahaan “ X “ Surabaya yaitu faktor harga, sedangkan kualilas produk dan pengecer tidak mempunyai pengaruh atau pengaruhnya lemah. Oleh karena itu, perusahaan “ X “ Surabaya hendaknya perlu memperhatikan faktor harga yang ditetapkan untuk jangka waktu berikutnya, dan memperhatikan harga pesaing. SeIain itu, diharapkan di dalam menetapkan kenaikan harga, perusahaan juga perlu memperhatikan kualitas produk dan diupayakan untuk melakukan pengembangan produk sesuai dengan selera dan keinginan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Pra 151 1999
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price
T Technology > TS Manufactures > TS1-2301 Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:39
Last Modified: 09 Dec 2022 02:39
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item View Item