Analisis Keefektivitasan Penggunaan Metode Sosiodrama dengan Media Realia dibandingkan dengan Metode Ceramah dalam Pengajaran Pemahaman Persiapan dan Perayaan Hari Raya Imlek di Indonesia Pada Siswa Kelas 4 SD. Santa Lorent Surabaya

Putri, Sylvania Alindra (2016) Analisis Keefektivitasan Penggunaan Metode Sosiodrama dengan Media Realia dibandingkan dengan Metode Ceramah dalam Pengajaran Pemahaman Persiapan dan Perayaan Hari Raya Imlek di Indonesia Pada Siswa Kelas 4 SD. Santa Lorent Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan jaman, banyak anak – anak yang sudah mulai mengenal Bahasa Mandarin pada usia dini. Tetapi banyak anak yang tidak berminat untuk mempelajari Bahasa Mandarin karena dirasa Bahasa Mandarin rumit dan sulit, terlebih untuk mempelajari budaya Tiongkok karena dirasa membosankan, salah satu penyebabnya adalah metode yang dipakai kurang menarik. Penelitian ini penulis susun untuk mengetahui keefektivitasan penggunaan metode sosiodrama dengan media realia jika dibandingkan dengan metode ceramah dalam pengajaran pemahaman kebudayaan imlek dalam mata pelajaran Bahasa Mandarin kelas 4 SD. Santa Lorent Surabaya. Penulis memlih materi tentang pemahaman kebudayaan karena dalam belajar bahasa mandarin kita juga perlu belajar budayanya, karena bahasa merupakan bagian dari kebudayaan. Melalui hasil evaluasi dalam penelitian ini, dapat dilihat bahwa penerapan metode sosiodrama dengan media realia dalam pengajaran pemahaman kebudayaan imlek memberikan hasil yang positif. Metode pembelajaran ini membuat siswa menjadi antusias dalam belajar dan lebih memahami kebudayaan imlek yang disampaikan oleh penulis. Metode pembelajaran ini juga merupakan metode yang dapat membuat siswa ikut terlibat dalam kegiatan belajar mengajar serta dapat lebih aktif dan tertarik terhadap pembelajaran Bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.BT Put 61 2016
Uncontrolled Keywords: Bahasa Mandarin; metode sosiodrama; metode ceramah; realia; metode pembelajaran; kebudayaan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC8-6691 Special aspects of education > LC8-59 Forms of education > LC25-33 Self-education. Self-culture
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL1-8844 Languages of Easter n Asia, Africa, Oceania > PL1001-3208 Chinese language and literature
Divisions: Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 27 Mar 2018 02:38
Last Modified: 27 Mar 2018 02:38
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item