Pengaruh Kelompok Referensi, Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Konsumen Terhadap Iklan, Persepsi Konsumen Terhadap Harga, Pada Keputusan Pembelian (Studi Komparatif Kartu Prabayar XL dan IM3 di Surabaya)

Sari, Yunita Puspita (2009) Pengaruh Kelompok Referensi, Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Konsumen Terhadap Iklan, Persepsi Konsumen Terhadap Harga, Pada Keputusan Pembelian (Studi Komparatif Kartu Prabayar XL dan IM3 di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
Kata pengantar, daftar isi, abstrak-13-14.pdf

Download (94kB)

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini, persaingan dalam dunia bisnis teknologi telekomunikasi semakin ketat. Dalam kebutuhan masyarakat Indonesia, perkembangan telekomunikasi sangatlah penting. Hal ini membuat operator – operator seluler semakin banyak mengeluarkan kartu prabayar yang baru dengan bersaing antara operator yang satu dengan yang lain, yang dapat dilihat pada banyaknya kartu prabayar pada saat ini yang beredar. Banyaknya kartu GSM prabayar membuat operator – operator seluler bersaing semakin ketat. Salah satunya yaitu kartu prabayar XL dan IM3 yang pernah bersaing tarif harga. Penelitian ini ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kartu prabayar XL dan IM3 berdasarkan masing – masing variabel, dan ingin mengetahui apakah terdapat variabel yang dominant terhadap kartu parbayar XL dan IM3. Melalui variabel kelompok referensi (X1), produk (X2), kualitas layanan (X3), persepsi konsumen terhadap iklan (X4), persepsi konsumen terhadap harga (X5) yang diteliti untuk membuktikan apakah setiap variabel diatas terdapat perbedaan antara kartu prabayar XL dan IM3, dan ingin membuktikan variabel yang paling dominan pada kartu prabayar XL dan IM3. Dalam penelitian ini digunakan uji reliabilitas dan validitas, uji Z test, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi berganda, analisis standardized coefficient beta, dan uji hipotesis yang menggunakan hasil olahan dari program SPSS ver.11.5. Dari hasil uji Z hitung, dapat terlihat bahwa yang terdapat perbedaan yaitu produk (X2) yang menunjukkan angka –Z hitung (-2.017) > -Z tabel (-1.96), kualitas layanan (X3) yang menunjukkan angka –Z hitung (-2.604) > -Z tabel (-1.96), persepsi konsumen terhadap iklan (X4) yang menunjukkan angka –Z hitung (-2.186) > -Z tabel (-1.96), dan persepsi konsumen terhadap harga (X5), –Z hitung (-2.587) > -Z tabel (-1.96). Maka, variabel X2, X3, X4, X5 di regresi untuk melihat pengaruh yang paling dominan dari masing – masing variabel pada kartu prabayar XL dan IM3. Pada kartu prabayar XL membuktikan bahwa variabel persepsi konsumen terhadap iklan (X4) berpengaruh secara dominan terhadap keputusan pembelian, dari hasil standardized coefficient beta paling tinggi sebesar 0.295 dengan signifikansi 0.063 berarti berpengaruh positif tetapitidak signifikan karena ada pengaruh dari faktor lain. Sedangkan pada kartu prabayar IM3 membuktikan bahwa variabel produk (X2) yang berpengaruh dominan dari hasil standardized coefficient beta yaitu menunjukkan angka 0.251 dengan signifikansi 0.057. Hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa berpengaruh positif tetapi tidak signifikan karena dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Sar 463 2009
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB221-236 Price
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB522-715 Income. Factor shares > HB535-551 Interes
H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography > HB535-551 Interes

H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5801-6182 Advertising
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:30
Last Modified: 18 Oct 2022 02:30
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2505

Actions (login required)

View Item View Item