Pengaruh Situasi Pembelian Pada Perilaku Belanja Konsumen Di Harajuku Boutique Pakuwon Trade Center Surabaya

Sugiarto, Matius (2007) Pengaruh Situasi Pembelian Pada Perilaku Belanja Konsumen Di Harajuku Boutique Pakuwon Trade Center Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Widya Kartika.

[img] Text (ABSTRAK)
TA i-xii-10.pdf

Download (119kB)

Abstract

Bisnis retail yang saat ini marak di Surabaya memiliki suatu fenomena khusus, karena seluruh aktivitas penjualan barang dan jasa langsung pada konsumen. Selain itu ketatnya persaingan yang terjadi dewasa ini menuntut pemasar untuk lebih memahami akan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dari sekian banyak bisnis retail yang ada penulis mengambil Harajuku Boutique sebagai obyek penelitian. Dari penelitian ini penulis ingin mengetahui pengaruh situasi pembelian terhadap perilaku belanja konsumen di Pakuwon Trade Center Surabaya. Data yang digunakan adalah data primer, diperoleh dari pengunjung Harajuku Boutique Pakuwon Trade Center Surabaya yang melakukan transaksi atau pembelian. Dari sekian banyak populasi pengunjung Harajuku Boutique Pakuwon Trade Center Surabaya, diambil sampel yang dianggap sudah representative sebesar 100 orang. Model yang digunakan dalam penelitian adalah skala Likert dengan interval 1-5 dan model Regresi Linear Berganda yang bertujuan mengetahui pengaruh variabel bebas situasi pembelian yang terdiri dari Physical Surrounding, Social Surrounding, Task Definition, Time, dan Antecedent State, terhadap variabel terikat perilaku belanja konsumen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji F untuk mengetahui pengaruh variabel secara simultan dan Uji T untuk mengetahui pengaruh variabel secara parsial. Dari hasil analisis regresi didapat hasil: Y = 0.864 + 0.388 X1 - 0.076 X2 - 0.092 X3 + 0.094 X4 – 0.096 X5, yang berarti menunjukkan adanya pengaruh variabel X terhadap variabel Y dan ditunjukkan dengan hubungan keeratan antar variabel (R2) sebesar 62.9%% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Lalu pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji F untuk mengetahui pengaruh variabel – variabel bebas secara simultan terhadap variabel Y, yang hasilnya didapat sebesar 31.394 dimana F hitung 31.934 > F tabel 2.70, berarti secara simultan variabel – variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Selain itu juga digunakan Uji T untuk menguji pengaruh variabel – variabel bebas secara parsial terhadap variabel Y, yang hasilnya menunjukkan X1 t hitung 10.982> t tabel 1.985; X2 t hitung -1,541> t tabel 1.985 ; X3 t hitung -3.213 < t tabel 1.985 ; X4 t hitung 2,420> t tabel 1.985; X5 t hitung -3,322 > t tabel 1.985, hasil perhitungan ini menunjukkan bahwa secara parsial X1, dan X4 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y, sedangkan X2, X3, dan X5 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap variabel Y adalah X1 (Physical Surrounding). Hal ini bias dilihat dari Standardized Coefficients Beta sebesar 0.994

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SK.EKO Sug 362 2007
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5429.7-5430.6 Shopping centers. Shopping malls
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Staff Perpustakaan UWIKA
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:37
Last Modified: 08 Nov 2022 02:37
URI: http://repository.widyakartika.ac.id/id/eprint/2795

Actions (login required)

View Item View Item